Perkembangan Positif Tim PON Aceh, Penyelesaian Akhir Jadi Perhatian Fakhri Husaini

Pelatih kepala tim PON Aceh, Fakhri Husaini (kiri) bersama asisten pelatih, Mukhlis Rasyid saat latihan tim di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh. | ARIFUL AZMI USMAN/RAKYAT ACEH

Harianrakyataceh.com – Tim sepak bola PON Aceh yang disiapkan untuk berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua pada awal Oktober 2021 mendatang, terus memperlihatkan perkembangan positif.

Terakhir, skuad asuhan Fakhri Husaini ini menjajal lawan tanding di Sumatra Utara. Dalam empat kali tanding, Akilul dan kawan-kawan, meraih tiga kemenangan dan satu kali kalah.
Atas hasil tersebut, Fakhri menyebut tim PON Aceh saat ini sudah mengalami perkembangan positif.

“Mengenai progres tim setelah ujicoba di Medan, ada perkembangan positif yang diperlihatkan pemain, baik secara individu, unit maupun tim. Untuk aspek attacking (menyerang), defending (bertahan), dan transisi positif maupun transisi negatif juga terlihat ada kemajuan,” ujar Fakhri Husaini, Minggu (1/8).

Namun demikian, mantan pelatih tim nasional Indonesia U-16 dan U-19 ini, tidak ingin memuji pemainnya berlebihan. Pasalnya, masih ada pekerjaan rumah yang harus kembali diperbaiki oleh tim pelatih.

“Namun untuk finishing touch (penyelesaian akhir) masih perlu ditingkatkan lagi. Kami masih banyak membuang peluang yang seharusnya dapat menjadi gol,” sambungnya.
Menurut Fakhri, Defending set pieces saat ini juga sudah dapat dilakukan dengan baik oleh Fayrushi cs. “Tapi untuk attacking set pieces (free kick, corner kick) masih belum optimal, kami memperbaikinya, agar tidak ada lagi set pieces yang terbuang percuma,” tambah Fakhri.

Saat ini, pelatih asal Lhokseumawe ini bersama asisten pelatih Azhar, Muklis Rasyid dan pelatih kiper Amiruddin sudah kembali berlatih di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh sejak 26 Juli 2021.

“Tim sudah mulai latihan 26 Juli. Saat ini kami memasuki Siklus Makro III. Pada SM III ini program latihan adalah memperbaiki kelemahan SM II, meningkatkan dan menjaga aspek kebugaran, serta melakukan beberapa kali ujicoba,” rincinya.

Tiga Kemenangan di Medan

MULAI 10 Juli 2021 lalu, tim PON Aceh memulai uji tanding di Sumatra Utara menghadapi empat tim berbeda, termasuk tim Liga 3 PSBL Langsa. Di pertandingan perdana menghadapi PSBL tersebut, PON Aceh menang 3-1 lewat gol Alvin Nasution, Muzakir dan Ridha Umami.

Pada laga kedua di Stadion Pardede Medan, tim PON Aceh secara mengejutkan takluk 1-2 dari YOBB FC Belawan. Akhirul Wadan menjadi pencetak gol tunggal mempertipis kekalahan di laga itu.

Namun, tiga hari berikutnya, tim PON Aceh mengamuk dan menghajar Sabah FC Medan 5-2, evaluasi yang dilakukan Fakhri berjalan dengan baik. Ridha Umami menyaringkan dua gol, disusul gol Perda Rahman, dan Alvin Nasution juga ikut menyumbang dua gol.

Pada penutup tur Sumut, tim PON Aceh menghadapi lawan sepadan yang sama-sama sedang bersiap untuk bertanding di PON Papua, yakni tim PON Sumut. Dalam laga ini, tim Aceh sukses meraih kemenangan 2-0 lewat gol yang dilesatkan Ridha Umami dan Jamaluddin.

Fakhri Husaini berharap, sebelum ke Papua, skuatnya dapat melakukan beberapa kali ujicoba lagi di Pulau Jawa dengan tim PON yang akan tampil di Papua untuk kembali mengukur kesiapan tim PON Aceh. (rif)