Tahun Depan,  52 Desa Serentak Pilkades di Simeulue 

Husin Alim Kadis DPMD Kabupaten Simeulue. 

‎HARIANRAKYATACEH.COM  – 52 desa dari 138 desa yang ada di 10 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Simeulue, tahun 2022 mendatang serentak dan di pastikan menggelar pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

Puluhan pemerintahan tingkat desa yang telah dipastikan melaksanakan Pilkades serentak itu, yang disesuaikan dengan masa jabatan Kepala Desa yang masih masih aktif dan berakhir sebagai Kades hingga pada tahun 2022 mendatang.

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang digelar di 52 desa tersebut, dijelaskan Husin Alim Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Simeulue, yang ditemui harianrakyataceh.com, diruang kerjanya Kamis (12/8).

‎”Tahun 2022 mendatang dari 138 desa, ada sekitar 52 desa yang serentak dan dipastikan melaksanakan Pilkades. Puluhan desa yang harus melaksanakan plkades serentak ini, setelah dilakukan evaluasi masa aktif jabatan para kades, terutama kades dengan masa jabatan berakhir pada tahun 2022″, katanya.

Masih menurut Husin  Alim, dalam pelaksanaan Pilkades serentak di 52 desa itu, membutuhkan beberapa tahapan penting dan dengan masa waktu selama tiga bulan, sejak tahapan  penjaringan dan verifikasi Bakal Calon (Balon) hingga tahapan pelantikan kades terpilih.

Husin Alim juga mengingatkan, untuk calon peminat yang hendak mendaftar dalam Pilkades serentak itu, dengan catatan calon tidak aktif dalam struktur organisasi politik atau poligami profesi dan tidak memiliki riwayat  daftar melawan hukum.

Untuk pelaksanaan Pilkades serentak itu, memutuhkan anggaran Rp 20 juta persatu desa yang melaksanakan pilkades, dengan sumber biaya dari dana APBK dan APBDES. “Bagi para calon yang hendak menjadi kades, harus bersih dari organisasi atau profesi lainnya. Dan untuk biaya pelaksanaan pilkades persatu desa  sekitar Rp 20 juta”, imbuhnya.

Adapun desa yang melaksanakan Pilkades tahun 2022 itu, di Kecamatan Teupah Selatan di desa Ana’ao. Desa Pasir Tinggi. Desa Sinebuk. Desa Trans Maranti. Desa Alus-Alus. Desa Pulau Bengkalak. Desa Suak Lamatan. Desa Badegong. Desa Labuhan Bakti. Desa Lataling dan desa Latiung.

Kemudian Pilkades serentak tahun 2022 di Kecamatan Simeulue Timur yakni desa Amiria Bahagia. Desa Lugu. Desa Air Pinang. Desa Ganting. Desa Kuala Makmur. Desa Linggi. Desa Sinabang dan desa Pulau Siumat.

Selanjutnya Pilkades  serentak tahun 2022 di wilayah Kecamatan Simeulue Tengah yakni desa Dihit. Desa Lauke. Desa Kampung Aie. Desa Luan Sorip. Desa Lambaya. Desa Latitik. Desa Laure’e dan Desa Suak Baru serta Desa Lakubang.

Untuk desa yang juga menggelar pilkades seretak di Kecamatan Simeulue Cut yakni desa Sibuluh. Desa Kuta Padang. Desa Kuta Inang. Desa Amarabu dan terkahir pilkades Desa Borengan.

Sementara untuk pilkades di KecamatanTeupah Tengah yakni desa Abail. Desa Batu-batu. Desa Kahat. Desa Labuah. Desa Matanurung. Desa Simpang Abail. Desa Lanting. Desa Nancawa. Desa Situbuk dan terkahir desa Sua-Sua.

Pilkades serentak di Kecamatan Teupah Barat yakni desa Angkeo. Desa Awe Kecil dan Desa Bunon.  Kemudian Pilkades di Kecamatan Salang yakni desa Along. Desa Jaya Baru. Desa Tameng. Desa Tamon Jaya. Desa Suak Manang. Desa Bunga dan desa Ganang Pusako.

Kecamatan Alafan yakni desa Langi. Desa Lhok Dalam. Desa Lamerem. Desa Lubuk Baik. Desa Serafon dan  Desa Lafakha. Sedangkan Pilkades serentak di Kecamatan Simeulue Barat hanya satu desa yakni, desa Miteum.

Selanjutnya untuk Pilkades serentak tahun 2022 mendatang dalam wilayah Pemerintahan Kecamatan Teluk Dalam, yakni desa Luan Balu. Desa Sambay dan pilkades di Desa Tanjung Raya. (ahi).