Polres Simeulue Selidiki Penyebab Insiden Membahayakan Penumpang KMP Teluk Singkil

Kapolres Simeulue AKBP Pandji Santoso

HARIANRAKYATACEH.COM – Penyebab insiden yang membahayakan keselamatan penumpang dan kapal feri KMP Teluk Singkil saat berlayar dari Labuhan Haji Aceh Selatan menuju pulau Simeulue, Minggu (15/8) kini sedang dalam penanganan pihak berwajib.

‎Dalam penyelidikan terkait insiden yang membahayakan keselamatan penumpang dan kapal feri KMP Teluk Singkil yang sedang berlayar dilautan tersebut, dijelaskan Kapolres Simeulue AKBP Pandji Santoso, yang dihubungi harianrakyataceh.com, Minggu siang (15/8)

‎”Saat ini kita sedang melakukan penyelidikan atas peristiwa kapal feri KMP Teluk Singkil yang berlayar dari Labuhan Haji menuju pulau Simeulue. Beberapa orang saksi sudah kita mintai keterangan”, katanya.

Hal senada juga ditambahkan Kasat Reskrim Polres Simeulue Iptu Sujono yang dihubungi terpisah, harianrakyataceh.com, pihaknya telah melakukan olah TKP diatas kapal ‎feri, serta untuk estimasi kerugian barang yang dibuang ke laut untuk menyelamatkan kapal feri KMP Teluk Singkil yang sedang berlayar pada saat itu telah oleng dan miring.

“Karena saat ini masih dalam proses penyelidikan dan ada barang atau muatan kapal feri yang dibuang ke laut saat insiden itu, maka estimasi kerugian belum diketahui, dan belum ada yang melapor”, kata Kasat Reskrim Iptu Sujono.

Sebelumnya ‎KMP Teluk Singkil mengangkut seratusan lebih penumpang dan kendaraan, dalam perjalanan sekitar lebih dari 6 mil laut dari pulau Simeulue, mengalami kemiringan sekitar 20 derajat dan membuang ke laut barang muatannya untuk menyelamatkan penumpang.‎

Insiden yang membahayakan penumpang dan kapal feri tersebut terjadi sekitar pukul 05:10 WIB, yang menimbulkan kepanikan penumpang setelah mengetahui kapal feri dengan kondisi miring dan mendapat instruksi dari pihak Kapten dan ABK kapal feri KMP Teluk Singkil.

Informasi yang cepat menyebar pada saat itu, seluruh kapal yang sedang sandar di kawasan pulau Simeulue, diinstruksikan untuk  serentak melakukan pertolongan dan pengawalan, sehingga penumpang dan kapal feri KMP Teluk Singkil selamat sandar di pelabuhan penyeberangan di kawasan Kuta Batu, Kecamatan Simeulue Timur.  (ahi)