Muspika Simeulue Cut Kibarkan Bendera Merah Putih di Pulau Terdepan NKRI

Detik-detik pengibaran bendera Merah Putih di pulau Simeulue Cut salah satu pulau Terdepan NKRI‎. Senin (16/8). Ahmadi - harianrakyataceh.com 

HARIANRAKYATACEH.COM – Bendera Merah Putih kembali berkibar di pulau Simeulue Cut salah satu pulau terdepan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berada dikawasan wilayah Kabupaten Simeulue, Senin (16/8).

Upacara pengibaran bendera Merah Putih di pulau terdepan NKRI tersebut, yang dipimpin Romaidon Darma, SE.M.Si.Ak.CA, Camat Simeulue Cut dan dihadiri Muspika setempat dari unsur Polsek, Koramil, Pos AL, Satpol PP WH dan tokoh masyarakat setempat.

Bendera Merah Putih ukuran lebar 4 meter dan panjang 6 meter itu, dikibarkan diatas salah satu tower setinggi 40 meter, ditambah dengan ketinggian gunung sekitar 20 meter, sehingga total ketinggian 60 meter dari atas permukaan laut pulau terdepan NKRI

Sukses mengibarkan bendera Merah Putih di pulau terdepan NKRI sekitar pukul 12:40 WIB, dijelaskan ‎Romaidon Darma, SE.M.Si.Ak.CA, Camat Simeulue Cut‎, yang masih dalam perjalanan pulang menggunakan perahu dari pulau tidak berpenguni itu, saat dihubungi harianrakyataceh.com, Senin (16/8)‎

“Bersama Muspika Kecamatan Simeulue Cut, kita baru selesai melaksanakan pengibaran bendera Merah Putih di pulau Simeulue Cut, salah satu pulau terdepan NKRI. Pengibaran bendera merah putih ini merupakan agenda resmi setiap tahunnya, terutama menjelang detik-detik peringatan HUT RI”, kata Romaidon Darma.

Masih menurut Romaidon Darma, pulau terdepan NKRI itu juga masih dalam wilayah ‎Kecamatan Simeulue Cut, hanya butuh waktu kurang satu jam naik transportasi perahu nelayan jarak tempuh antara pulau Simeulue Cut dengan pulau Simeulue.

“Biasanya pengibaran bendera Merah Putih di pulau terdepan itu dihadiri oleh Bupati, Wabup, DPRK serta unsur Forkopimda lainnya, dengan menggelar upacara resmi. Namun karena tahun ini ada pembatasan akibat pandemi Covid19, maka dilaksanakan secara sederhana dengan peserta yang dibatasi”, imbuhnya.

Diketahui ada dua pulau terdepan NKRI yang berada di Kabupaten Simeulue, yakni pulau Simeulue Cut di Kecamatan Simeulue dan pulau Selaut Besar di Kecamatan Alafan, dan kedua pulau NKRI menjadi prioritas ekstra ketat oleh Pemerintah Republik Indonesia. (ahi)