Bupati Aceh Jaya Pimpin Upacara Hut RI, Bendera Merah Putih Berkibar DI Pulau Reusam

HARIANRAKYATACEH.COM I Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya melaksanakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke -76 tahun 2021 secara sederhana dengan penerapan protokol kesehatan (protkes) yang ketat sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19.yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Aceh Jaya, Selasa (17/8).

Kegiatan upacara pengibaran Bendera merah putih hanya diikuti Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat seperti, Bupati Aceh Jaya, Ketua DPRK Aceh Jaya, Kapolres Aceh Jaya, Dandim 0114/Aceh Jaya, Kajari Aceh Jaya, dan para Kepala SKPK.

Dalam sambutannya, Bupati Aceh Jaya, T Irfan TB mengatakan, pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan RI ke -76 dengan laksanakan dengan penuh protokol kesehatan, seperti membatasi jumlah undangan dan peserta pengibaran bendera merah putih.

Selain itu dirinya menambahkan, “berdasarkan surat yang kita terima dari pemerintah pusat, pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 tahun ini dilaksanakan sesederhana mungkin bertujuan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19,” kata T Irfan TB

Dalam kesempatan tersebut dirinya berharap, momentum HUT kemerdekaan RI tahun ini sebagai momentum negara Indonesia terus maju dan bersatu dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

“Kami (Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya) juga mengucapkan Dirgahayu Negara Kesatuan Republik Indonesia ke-76, semoga Negara Indonesia terus maju dan terus bersatu dalam bingkai Bhinneka tunggal Ika.” Harapnya.

Selain itu, Bupati mengajak seluruh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat kabupaten Aceh Jaya untuk memanfaatkan momentum tersebut menggalang persatuan dan kesatuan dalam membangun kabupaten Aceh Jaya ini lebih baik lagi.

“Mengingat Indonesia masih kondisi pandemi, kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk sama-sama mematuhi aturan pemerintah dalam upaya memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19. memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan di air yang mengalir,” ujar Bupati.

Saat ini, tambah Bupati, pemerintah Aceh Jaya tidak melarang segala macam bentuk kegiatan keramaian namun dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

“Kita tidak melarang segala bentuk kegiatan di Aceh Jaya, jika pelaksanaannya dengan penerapan protkes (protokoler Kesehatan) yang ketat dan tidak berkerumun.” Pungkasnya.

Secara terpisah, Ketua Bidang Operasi SAR Aceh Jaya, Mirza Safrinadi mengungkapkan, “Tadi saat melaksanakan pengibaran sekira pada pukul 8.30 Wib antara Pulau Reusam dengan Pulau Ngang Kemukiman Rigah Gampong Lhok Timon dengan kedalaman diperkirakan capai 10 meter,” kata Mirza

Katanya, pengibaran Bendera Merah Putih di laut menggunakan alat bantu pelampung, melibatkan 14 personil tersebut perdana dilaksanakan di Aceh Jaya untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (hen)