Kejari Bireuen Jalin Kerjasama dengan PDAM Krueng Peusangan

Kejari Bireuen jalin kerjasama dengan PDAM Krueng Peusangan di Aula kejaksaan setempat, Rabu (18/8). AKHYAR RIZKI RAKYAT ACEH

HARIANRAKYATACEH.COM – Kejaksaan Negeri (Kejari) Bireuen menjalin kerjasama dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Krueng Peusangan tentang penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara.

Penandatanganan kesepakatan bersama ini berlangsung di Aula kejaksaan setempat, Rabu (18/8) dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Kegiatan ini turut dihadiri Bupati Dr H Muzakkar A Gani SH MSi, Kajari Mohammad Farid Rumdana SH MH, Kapolres AKBP Mike Hardy Wirapraja SIK MH, Ketua DPRK Rusydi Muktar S Sos, Sekda Ir Ibrahim Ahmad MSi, Direktur PDAM Isfadli Yahya SE, perwakilan Dandim 0111/Bireuen, Ketua Mahkamah Syariah yang diwakili, para jajaran KASI Kejaru serta tamu undangan.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bireuen, Mohammad Farid Rumdana mengatakan, perjanjian ini merupakan kerjasama di bidang perdata dan tata usaha negara sebagai salah satu tupoksi kejaksaan, dengan tujuan dapat mendukung kinerja pelayanan PDAM.

Disebutkan, jika ada gugatan terhadap PDAM, maka kejaksaan dapat mewakili PDAM menghadapi gugatan tersebut. Perjanjian ini juga terbatas sifatnya pada bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, bukan berarti Kejaksaan menjadi beking PDAM.

“Jika ada indikasi tipikor, maka Kejaksaan maupun kepolisian dapat melakukan tupoksinya pada bidang penyidikan tipikor. Semoga kerjasama ini dapat meningkatkan kinerja PDAM kedepan,” ujar Farid.

Sementara itu, Bupati Dr H Muzakkar A Gani SH MSi mengapresiasi langkah-langkah yang telah dilakukan Kajari Bireuen beberapa hari ini setelah melaksanakan tugas di Kabupaten Bireuen.

“Ucapan terimakasih kepada Kajari Bireuen atas kerjasama ini, semoga dapat meningkatkan kinerja PDAM kedepanan. Kami dari Pemkab Bireuen, juga akan sering meminta pendapat hukum kepada Jaksa, baik dari sektor perijinan, aset, maupun PAD yang menjadi atensi kita saat ini,” sebut Muzakkar. (akh)