Sah, Al Ashab Pimpin PWI Balai Simeulue 

Tarmilin Usman Ketua PWI Provin‎si Aceh menyerahkan bendera Pataka PWI kepada Al Ashab Ketua PWI Balai Simeulue, Kamis (19/8). Ahmadi - harianrakyataceh.com.

HARIANRAKYATACEH.COM – Al Ashab resmi pimpin Persatuan ‎Wartawan Indonesia (PWI) Balai Simeulue priode 2020-2023, setelah menerima bendera Pataka dan SK kepengurusan.

Ketua PWI Provinsi Aceh, Tarmilin Usman menyerahkan langsung bendera pataka dan Surat Keputusan (SK) kepengurusan PWI Balai Simeulue, yang turut disaksikan Bupati Erli Hasyim dan Dewan serta unsur forkopimda lainnya, Kamis (19/8) di pendopo.

Dalam sambutan Tarmilin Usman, saat ini PWI Simeulue masih berstatus Balai dan diberikan waktu kepada pengurus baru ‎itu satu tahun hingga dua tahun kedepan, status itu telah bukan lagi Balai, telah berstatus secara definitif dengan persyaratan tiga anggota PWI di Simeulue telah memiliki kartu keanggotaan”biasa”

Disisi lain dia juga mengaku menyesal setelah mengetahui ada anggota PWI ‎di Simeulue telah memiliki kartu keanggotaan “biasa”, namun yang bersangkutan terlibat aktif dalam kepengurusan Partai Politik. “Sebenarnya sudah ada yang memenuhi syarat, namun yang bersangkutan terlibat dalam kepengurusan parpol, itu kami dari provinsi sangat menyesal”, katanya.

Masih dalam sambutannya, ‎Tarmilin Usman mengingatkan dan pemahaman, bahwa wartawan itu memberikan solusi, bukan memberikan provokasi, ‎serta tidak mencari kesalahan pemerintah, justru harus konstruktif, bermitra serta jika wartawan menulis dengan niat tidak baik‎, hasil tulisan tidak baik, itu sudah melanggar kode etik pasal satu UU Pers Tahun 1990.

“Bila ada wartawan yang menjalankan profesinya dan hasil karya tulisnya tidak ‎sesuai dengan kode etik jurnalis dan melanggar UU Pers Tahun 1990, serta ada persoalan lain yang menyangkut wartawan, kami siap menerima laporan, serta uji kompetensi wartawan itu sangat diharuskan dan sangat penting, supaya tidak terjadi pelanggaran”, tegas Tarmilin Usman.

Sementara Al Ashab sesaat setelah dilantik, juga menyampaikan permintaannya yang ditujukan kepada Pengurus PWI Provinsi Aceh dan Pemerintah Kabupaten Simeulue, bahwa Kabupaten Simeulue kedepannya m‎enjadi tuan rumah Uji Kompetensi Wartawan, serta pelatihan jurnalis.

“Kami berharap UKW dimasa yang akan datang, bisa dilaksanakan di Simeulue sebagai tuan rumah serta perlu adanya pelatihan jurnalis di daerah kita”, dalam sambutan perdananya.


‎Sebelumnya rombongan Ketua PWI Provinsi Aceh, tiba di pulau Simeulue, Selasa (17/8), turut didampingi‎ Wakil Sekretaris Muhammad Zairin. ‎Bendahara Azhari SE. ‎Wakil Ketua Bidang Pendidikan, Iranda Novandi‎ dan Kepala Sekretariat PWI Aceh : Roni Cusmiran‎ serta Ketua IKWI, Dr. Harbyah Gani.

Adapun susunan pengurus Balai PWI Kabupaten Simeulue priode 2020-2023 itu, yakni Al Ashab ‎selaku Ketua. Selanjutnya Firnalis selaku Sekretaris. Ade Irwansyah menjabat sebagai Bendahara. Pokja Hukum dan Advokasi dijabat Dahman Efendi.

Kemudian susunan pengurusnya lainnya untuk bidang Pokja Pendidikan dan Olahraga dijabat Jenedi Rahman. Bidang Pokja Kesejahteraan dijabat Uris serta terakhir untuk bidang Pokja Hubungan antar Lembaga yakni Sari Muliasno‎. (ahi).