BNN Aceh Gelar Pengembangan Softskill Tahap 2

Narasumber menjelaskan materi pada pelatihan pengembangan softskill untuk SMP tahap 2, yang digelar oleh BNNP Aceh, Kamis (19/8). IST/RAKYAT ACEH

HARIANRAKYATACEH.COM – BNN Aceh kembali gelar pelatihan pengembangan softskill untuk SMP tahap 2, dimana kegiatan ini diselenggarakan oleh Seksi Pencegahan Bidang P2M BNN Aceh yang berlangsung di Kyriad Muraya Hotel Kota Banda Aceh, Kamis (19/8).

Sebelumnya, kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala BNN Aceh, Brigjen Pol Drs Heru Pranoto MSi didampingi Sub Koordinator Pencegahan BNN Aceh, pada Selasa (3/8).

Kepala BNN Aceh Brigjen Pol Drs Heru Pranoto MSi, melalui Sub Koordinator Pencegahan BNN Aceh Dedi Andria MKes, pada kesempatan tersebut mengatakan pelatihan pengembangan softskill ini ada 3 tahapan, dimana untuk tahap pertama sudah kita lakukan di awal bulan (Agustus) ini. Tahap pertama berfokus kepada pengenalan narkotika dan rehabilitasi.

Kemudian pada hari ini, dilanjutkan pelatihan pengembangan softskill tahap 2, dimana pada pelatihan tahap 2 ini penekanan pembahasannya pada komunikasi efektif dan mengenal psikologi siswa yang akan dilakukan oleh para guru terhadap siswa.

“Hal ini bertujuan bagaimana siswa mampu menolak narkoba dan ketika remaja teman sebaya mengajak untuk mengkonsumsi narkoba mereka bisa mengatakan tidak,” kata Dedi.

Kemudian Dedi menjelaskan, peserta pada pelatihan pengembangan softskill ini sebanyak 20 orang yang berasal dari satu sekolah yaitu SMPN 17 Kota Banda Aceh, yang terdiri dari Kepala Sekolah, Guru Bimbingan Konseling (BK) dan Guru Kelas.

“Kita pilih 1 sekolah, sebagai pilot project di Provinsi Aceh, dimana sekolah terpilih ini akan menjadi contoh/model bagi sekolah lain nantinya,” jelas Dedi.

Lebih lanjut, Dedi menjelaskan terpilihnya SMPN 17 Kota Banda Aceh ini dikarenakan lokasi sekolah tersebut pada wilayah/daerah kawasan rawan narkotika. (ra/rif)