Ini Titik Pasar Murah Jaring Sosial Covid-19 di Tamiang

Warga Aceh Tamiang memadati pasar murah jaring sosial COVID-19 yang digelar Disperindag dan Bulog Provinsi Aceh, Jumat (20/8/2021). IST/RAKYATACEH.COM

HARIANRAKYATACEH.COM – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh bekerja sama dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) menggelar pasar murah jaring sosial COVID-19 di Kabupaten Aceh Tamiang tersebar diempat wilayah.

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Aceh Tamiang Rafei dihubungi Sabtu (21/8/2021) mengatakan, kegiatan pasar murah akan berlangsung selama empat hari di empat kecamatan.

“Pelaksanaan pasar murah dibagi empat titik, Kecamatan Tenggulun, Manyak Payed, Bendahara dan Rantau,” kata Rafei

Dikatakan, pasar murah jaring sosial akibat wabah corona hari pertama dibuka Kamis di Kecamatan Tenggulun, selanjutnya hari kedua Jumat di Manyak Payed.

“Sedangkan untuk Kecamatan Bendahara dan Rantau akan dilaksanakan Senin-Selasa pekan depan. Pasar murah dibuka pada saat hari kerja pukul 09.00 WIB hingga selesai,” ujar Rafei.

Menurutnya kegiatan pasar murah tersebut berasal dari Disperindag Aceh. Pihaknya bersama unsur instansi vertikal hanya melakukan pendampingan dilapangan.

“Pasar murah ini program pemerintah provinsi bersama Perum Bulog dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1443 Hijriah dan HUT ke 76 Kemerdekaan RI untuk membantu kebutuhan primer masyarakat di masa pandemi,” ungkapnya.

Adapun harga komoditi di pasar murah pojok industri kecil menengah dijual sangat terjangkau, seperti beras 10 kg Rp 85.000, telur ayam Rp 37.000/papan, minyak goreng kemasan 2 liter Rp 27.000, tepung terigu Rp 8000/kg dan gula pasir 2 kg Rp 20.000.

Selain menyediakan sembako murah, lanjut Rafei pasar murah juga menjual produk penganan hasil kerajinan koperasi binaan Diskoperin Aceh Tamiang seperti gula merah kelapa sawit, kopi dan makanan ringan.

“Di tengah pandemi COVID-19 ekonomi masyarakat semakin tidak menentu, sehingga sangat dibutuhkan sembako murah untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari,” pungkas Rafei. (mag-86)