Penerbangan Garuda ke Sabang akan Dibuka Kembali

Rapat bersama CEO PT. Garuda Indonesia Region Sumatera, Ngakan Septigraha dan rombongan terkait pengaktifan kembali maskapai penerbangan GI dari Bandara Maimun Saleh Sabang-Bandara Kualanamu Medan. FOR RAKYAT ACEH

HARIANRAKYATACEH.COM – Maskapai penerbangan Garuda Indonesia akan kembali membuka jalur penerbangan Bandara Internasional Maimun Saleh Sabang-Kualanamu Medan sebaliknya.

Namun, benar atau tidaknya dibuka kembali penerbangan si burung besi di masa pandemi Covid-19 ini, disambut baik Wali Kota Sabang, Nazaruddin S.I.Kom.

Hal tersebut diketahui berdasarkan hasil rapat bersama CEO PT.Garuda Indonesia Region Sumatera, Ngakan Septigraha dan rombongan dalam rangka membahas lebih lanjut terkait pengaktifan kembali transportasi udara dari Bandara Maimun Saleh Sabang – Bandara Kualanamu Medan sebaliknya.

Turut hadir dalam rapat tersebut Danlanud Maimun Saleh, Kepala Bandara, Kepala Bea Cukai dan Asisten I dan II Sekda Kota Sabang, yang berlangsung di ruang rapat Wali Kota Sabang.

“Kita menyambut baik rencana dibukanya kembali rute penerbangan pesawat Garuda Indonesia, Sabang – Kualanamu. Tentunya ini sangat mendukung destinasi wisata Kota Sabang yang merupakan sektor utama dalam mendongkrak perekonomian, terutama bagi masyarakat di Kota Sabang,” kata Wali Kota Sabang, Nazaruddin S.I.Kom yang kerap disapa Tgk. Agam.

Menurutnya, kondisi masyarakat yang majemuk dan mencakup beragam suku dari Indonesia, membuat Kota Sabang akan terbuka dan ramah dengan para wisatawan yang datang.

“Saat ini transportasi laut menjadi satu-satunya akses wisatawan ke Kota Sabang. Jadi dengan adanya transportasi udara akan dapat menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota Sabang,” ujar Tgk. Agam.

Saat penerbangan dulu masih beroperasi dengan lancar sebelum pandemi, kunjungan wisatawan sangat tinggi dan memiliki dampak yang signifikan terhadap perkembangan ekonomi, sekaligus memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Sabang. Tentunya, untuk merealisasikan itu kembali, perencanaan yang matang harus dirumuskan.

Misalnya dengan menyiapkan fasilitas sarana dan prasarana bandara yang baik dan memadai, serta lebih menggali lebih dalam potensi yang ada di Kota Sabang hingga mampu menarik wisatawan lokal, domestik, maupun mancanegara.

“Mudah-mudahan kita bisa menemukan satu titik temu yang dapat menguntungkan semua pihak. Kita semua berharap sesegera mungkin dapat merealisasikan hal tersebut agar pariwisata Sabang dapat kembali normal bila pandemi Covid-19 ini nantinya berakhir,” harapnya.

Kunjungan dan Peninjauan dari CEO PT. Garuda Indonesia Region Sumatera, Ngakan Septigraha beserta rombongan merupakan tindak lanjut dari pembahasan awal antara Wali Kota Sabang dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno yang beberapa waktu lalu berkunjung ke Kota Sabang dan berjanji untuk memperjuangkan aktifnya kembali rute penerbangan ke wilayah Kota Sabang. (han/rif)