PLN Bantu Pelestarian Terumbu Karang Ujong Pancu

Manager Komunikasi dan TJSL PLN UIW Aceh T Bahrul Halid didampingi Rahmad Ardiansyah selaku Asman TJSL PLN UIW Aceh serahkan bantuan pelestarian terumbu karang Ujong Pancu Aceh Besar kepada Yahdi Istent selaku Direktur Yayasan Lamjabat Nanggroe Aceh Darussalam, Senin (23/08/2021). FOTO ISTIMEWA

HARIANRAKYATACEH.COM – PT PLN (Persero) melalui Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) ikut menyelamatkan kelestarian terumbu karang di kawasan perairan Ujong Pancu, Kabupaten Aceh Besar, Senin (23/08/2021).

Penyelamatan dilakukan dengan menyerahkan bantuan TJSL PLN kepada Yahdi Istent selaku Direktur Yayasan Lamjabat Nanggroe Aceh Darussalam. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Manager Komunikasi dan TJSL PLN UIW Aceh T Bahrul Halid. 

Dalam kesempatan itu Yahdi menyampaikan jika  terumbu karang ujong pancu  setelah tsunami sampai dengan tahun 2010 tumbuh dengan subur dan sangat indah dipandang. Namun sekitar tahun 2015 sampai dengan 2016 mulai terjadi pemutihan, diserang jamur akibat  suhu air laut naik, kondisi diperparah dengan badai (angin dan ombak utara). 

Kerusakan terumbu karang makin parah, sejak tahun 2018 mulai hadir bintang berduri, kemudian pada 2020 mulai berkem biak bulu babi. Kehadiran bulu babi mengakibatkan rusaknya ekosistem terumbu karang.

Sementara T. Bahrul Halid didampingi Rahmad Ardiansyah selaku Asman. TJSL  PLN UIW Aceh di lokasi ekosistim terumbu karang Ujong Pancu  Aceh Besar menyampaikan bahwa alam bawah laut harus diselamatkan dan dijaga sebagai sumber utama kehidupan ikan-ikan maupun biota lainnya serta juga untuk mendongkrak ekonomi masyarakat setempat yang mana nantinya daerah Ujong Pancu akan dikunjungi wisatawan dari dalam maupun luar negeri khususnya untuk pecinta olahraga diving maupun snorkeling, serta memanfaatkan untuk ekosistem terumbu karang serta kawasan konservasi perairan bawah laut.

“Dengan dibantu program ini nantinya diharapkan terumbu-terumbu karang ini akan tumbuh dan terjaga lebih baik lagi,” demikian ujar Bahrul. (ra)