Persiapan ANBK 2021, SMP IT MuhBir Gelar Pra-Simulasi

Siswa SMP IT MuhBir melaksanakan kegiatan pra-simulasi ANBK tahun 2021 di sekolah setempat, Selasa (24/8). AKHYAR RIZKI RAKYAT ACEH

HARIANRAKYATACEH.COM – Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Muhammadiyah Bireuen (SMP IT MuhBir) menggelar pra-simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2021, dengan tujuan menunjang kemampuan siswa ketika simulasi serentak yang akan dilaksanakan 02 September mendatang.

Hal ini disampaikan Koordinator SMP IT MuhBir, Almizan S Sos kepada media ini, Rabu (25/8).

Ia mengatakan, kegiatan pra-simulasi dilakukan untuk melatih siswa dalam proses login serta mempejari bentuk-bentuk soal yang akan dijawab nanti.

“Kegiatan ini diikuti 60 siswa dengan tiga tahap, mulai dari kelas VIII hingga kelas IX, sesuai intruksi dari pusat,” ujarnya.

Mizan menjelaskan, Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan, yang akan dilaksanakan dengan 3 instrumen, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar.

“Dalam ANBK ini, ada 2 bagian yang wajib dijawab oleh peserta, berupa AKM literasi dan numerisi (matematika) dengan waktu 60 menit perbagian. Pihak sekolah masih menggunakan semi on-line UNBK, sehingga soal dan hasil ujian dikirim melalui jaringan internet,” pungkasnya.

Disebutkan, bentuk soal Asesmen Nasional ada beberapa bentuk, seperti pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat dan bentuk uraian.

“Semoga dengan adanya pra-simulasi, siswa mampu mengusai dan tidak meraba-raba dalam mengikuti ANBK yang akan diadakan oleh pihak kemendikbud dan persiapan untuk mengikuti AN secara serentak oleh Pemerintah,” harap Koordinator SMP IT MuhBir ini. (akh)