Tahanan Lapas Lhokseumawe Pingsan Usai Vaksin

Seorang tahanan hakim bernama Nisam Sari di Lapas Kelas II A Lhokseumawe, jatuh pingsan setelah divaksin tahap 2 di Lapas setempat, Selasa (24/8). ARMIADI/RAKYAT ACEH.

LHOKSEUMAWE (RA) – Seorang tahanan hakim bernama Nisam Sari di Lapas Kelas II A Lhokseumawe, jatuh pingsan setelah divaksin tahap 2 di Lapas setempat, Selasa (24/8).
Vaksinasi itu juga dilakukan kepada 595 warga binaan atau narapidana dan tahanan lainnya sebagai upaya pencegahan Covid-19.

Kepala Lapas Kelas II A Lhokseumawe Nawawi menyebutkan, vaksinasi tahap ke 2 ini dilakukan selama tiga hari yang mulai sejak Selasa-Kamis (24-26/8) dilingkungan Lapas.
“Jadi seharusnya vaksin tahap kedua itu dilakukan kepada 607 warga binaan, tapi untuk hari ini hanya divaksin untuk 595 orang dan sisanya 12 orang lagi dititipkan di tahanan Polres Lhokseumawe,” ungkap Kepala Lapas Kelas II A Lhokseumawe, dikonfirmasi Rakyat Aceh kemarin.

Ia mengatakan, vaksinasi bagi warga binaan Lapas untuk mencegah penyebaran Covid-19, sehingga para narapidana memiliki ketebalan dan ketahanan tubuh.

“Vaksinasi ini terlaksana atas kerjasama Pemerintah Kota (Pemko) Lhokseumawe melalui Dinas Kesehatan dan TNI/Polri yang merasa peduli terhadap kesehatan warga binaan di dalam Lapas,”kata Nawawi.

Sementara itu, terkait seorang wanita tahanan hakim yang jatuh pingsan usai divaksin, Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe, Puspa Wati, kepada awak media menjelaskan, wanita (tahanan hakim) itu sudah lulus screening dari dokter untuk bisa divaksin.

Namun usai divaksin, wanita itu tiba-tiba lemas dan jatuh pingsan serta hanya mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) ringan.

“Saat itu langsung ditempatkan di dalam Lapas, karena kondisinya membaik dan bibirnya juga tidak pucat. Tapi jika kondisi kesehatan semakin parah akan langsung di bawa ke Rumah Sakit Kesrem sebagai rumah sakit rujukan,”ungkapnya. (arm/min)