Sinergi Patroli Laut untuk Jaga Keamanan Perairan Wilayah Barat Indonesia

Apel, patroli laut Bea Cukai Sabang, Kamis (26/8), dilaksanakan dengan menggandeng Kantor Wilayah Bea Cukai Aceh, Satpolairud Polres Sabang dan KPLP Sabang.

Sabang – Sebagai negara yang memiliki wilayah laut lebih besar daripada daratan, pelaksanaan patroli laut yang dilakukan oleh bea cukai melekat dengan perkembangan dan pertumbuhan organisasi sebagai perwujudan dari fungsi Community Protector.

Patroli laut Bea Cukai Sabang (26/08) dilaksanakan dengan menggandeng Kantor Wilayah Bea Cukai Aceh, Satpolairud Polres Sabang, dan KPLP Sabang. Pelaksanaan patroli laut bersama yang dilakukan pada akhir Agustus  2021 ini merupakan salah satu program peningkatan pengawasan yang merupakan bagian dari penguatan reformasi kepabeanan dan cukai.

“Sebagai Community Protector, Bea Cukai memiliki peran yang cukup strategis dalam menjaga wilayah perbatasan NKRI serta memaksimalkan fungsi pengawasan dan mengamankan wilayah perairan Indonesia dari penyelundupan,” tutur Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Sabang, Haris, dalam amanatnya pada Apel Sinergi bersama Patroli Laut pagi tadi.

“Bahwa Apel Sinergi bersama Patroli Laut Bea Cukai dengan Polairud dan KPLP adalah sarana peningkatan sinergitas tugas operasional dan sumber daya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi instansi yang berwenang di laut untuk mencegah tindakan melanggar hukum,” tambahnya. Haris berharap, ke depannya terjalin komunikasi dan koordinasi serta pertukaran informasi yang cepat dan tepat guna meningkatkan pengawasan di wilayah Sabang.

Pelaksanaan patroli laut bersama ini dilakukan di perairan Sabang dan menyasar pulau-pulau kecil di sekitarnya dengan melibatkan sejumlah personil dari Bea Cukai Sabang, Kantor Wilayah Bea Cukai Aceh, Satpolairud Polres Sabang, dan KPLP Sabang dengan menggunakan Kapal Patroli Bea Cukai dengan nomor lambung BC 20006, Kapal BC 1500, Kapal BC 1507, Kapal Polairud, dan Kapal KPLP.

Harapan dengan tetap dilaksanakannya kegiatan patroli di tengah kondisi pandemi seperti sekarang, dapat mencegah dan menggagalkan masuknya barang-barang ilegal dan peredaran Narkotika Psikotropika dan Prekusor (NPP), serta mengurangi pelanggaran di bidang kepabeanan dan cukai yang dilakukan di laut. Bea Cukai Sabang akan terus berupaya membasmi kegiatan yang melanggar ketentuan kepabeanan dan cukai di Perairan Sabang demi keamanan Perairan Sabang dan masyarakat Sabang untuk bea cukai yang makin baik. (rel/ra)

Patroli Laut: Siaga Berani Setia!