Tingkatkan Layanan kesehatan, Pemkab Aceh Jaya beri kendaraan operasional untuk Nakes

CALANG – Bupati Aceh Jaya, T. Irfan TB menyerahkan kendaraan operasional pelayanan kesehatan program SUS (saweu Ureng Saket) kepada 12 puskesmas dalam wilayah setempat.

Penyerahan tersebut berlangsung di Kantor Dinas kesehatan, Kamis, 26 Agustus 2021.

Bupati Aceh Jaya T Irfan TB didampingi Kepala Dinas Kesehatan menyampaikan, pemberian kendaraan operasional bertujuan membantu tenaga kesehatan (nakes) untuk memberikan pelayanan kesehatan SUS secara langsung ke rumah masyarakat dan berbagai pelayanan kesehatan lainnya.

Selain mobil, sambung Bupati, pemerintah juga menyerahkan 24 kendaraan operasional roda dua kepada para tenaga kesehatan.

” Hari ini kita menyerahkan 12 unit mobil untuk Puskesmas, 1 unit untuk Dinas kesehatan, dan 24 unit sepeda motor untuk tenaga kesehatan,” ujar Bupati.

Ia menambahkan, bantuan itu merupakan upaya pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan upaya menurunkan angka kematian agar masyarakat menjadi sejahtera.

” Untuk mobil anggarannya sebesar Rp 3 Milyar yang bersumber dari Dana Insentif Daerah (DID) sedangkan sepeda motor dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021,” ucapnya.

Orang nomor satu Aceh Jaya ini berharap, dengan adanya kendaraan operasional tersebut bisa meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

” Kami harapkan kepada tenaga kesehatan dan para kepala puskesmas untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, baik dalam rangka SUS dan pelayanan kesehatan lainnya.” Tutupnya.

Diketahui, Program SUS ini salah satu inovasi kabupaten Aceh Jaya di bidang kesehatan yang sudah berjalan sejak tahun 2016 lalu.

Tahun 2020, Program SUS masuk top 90 dan top 45 inovasi pelayanan publik Kemenpan-RB, sehingga pemerintah pusat memberikan Alokasi DID sebesar Rp 12 milyar sebagai penghargaan kepada kabupaten Aceh Jaya atas capaian pelayanan pelayanan publik di bidang kesehatan.