Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 31 Aug 2021 07:19 WIB ·

Peran Guru dalam Edukasi Protokol Kesehatan Covid19 dan Vaksinasi‎


 ‎‎Saifullah Abdulgani, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Aceh.  Perbesar

‎‎Saifullah Abdulgani, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Aceh. 

HARIANRAKYATACEH.COM ‎- Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Banda Aceh mengadakan diskusi daring bertema ‘Peran guru dalam edukasi protokol kesehatan dan vaksinasi, Senin  (30/8/2021).

Diskusi tersebut menghadirkan tiga narasumber masing-masing, Alhudri (Kepala Dinas Pendidikan Aceh), Zulfikar (Persatuan Guru Republik Indonesia Aceh), Saifullah Abdulgani (Juru bicara satgas penanganan Covid-19).

Dalam diskusi itu selain menghadirkan tiga narasumber juga menghadirkan dengan penanggap  Risang Rimbatmaja (Communication of development UNICEF), dan moderator Zulkarnaini Muchtar dari AJI Kota Banda Aceh.

Diskusi daring yang berlangsung sekitar 2,5 jam tersebut, yang diikuti oleh puluhan peserta dari unsur dewan guru dan wali murid yang berasal dari sejumlah daerah dalam wilayah Provinsi Aceh. ‎

“Koordinasi dengan Dinkes kalau anak-anak bisa divaksin, tim vaksin didatangkan ke sekolah-sekolah. Tentu dengan persetujuaan wali murid. Inilah saatnya, anak-anak sudah lelah sama daring, mereka rindu luring. Kami upayakan sebisa kami, ini bisa,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Alhudri.

Ia menyebutkan, data terbaru 10 ribu lebih tenaga pendidik sudah divaksin. ‎Sementara untuk vaksinasi murid, harus disosialisasikan lagi. ‎Pihaknya mengupayakan agar tim vaksin yang turun ke sekolah-sekolah, baik boarding school atau pun bukan.

Disebutkan, jumlah peserta didik se-Aceh yaitu 180 ribu lebih. ‎Sementara usia vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak yaitu, umur 12-17 tahun. ‎Mengutip data UNICEF, 1 dari 19 pasien Covid-19 adalah anak-anak. ‎Sementara 1 dari 23 pasien Covid-19 yang meninggal adalah anak-anak.‎

Artinya, kalangan usia anak tidak lepas dari ancaman virus tersebut.‎“Peran guru besar. Lembaga pendidikan bisa membentuk prilaku baru, budaya protokol kesehatan. Kasus Covid-19 yang naik lebih karena faktor prilaku dan untuk mengubah nilai dalam masyarakat ada 7 tahap, kita menuju proses ke sana,”  imbuh Juru bicara satgas penanganan Covid-19, Saifullah Abdulgani.

Sementara itu, kalangan dewan guru dan wali murid juga menyampaikan keresahan serupa terkait pandemi. ‎Sebut saja, sistem belajar daring yang menemui banyak kendala mulai dari ketersediaan perangkat, jaringan, hingga komitmen dari orangtua siswa dan ‎di sisi lain, orang tua tidak disiapkan untuk menjadi pengajar. ‎Sementara untuk vaksinasi, para guru harus berperang melawan hoaks terkait Covid-19 yang beredar luas di masyarakat.

“Ada sekolah murid datang ke sekolah pakai pakaian bebas. Kalau protkes kenapa tidak? Kenapa hanya sekolah yang dibatasi,” tanya Rina Fitri, guru dari salah satu SMA di Banda Aceh dalam sesi diskusi.

Saifullah Abdulgani atau yang akrab disapa SAG menjelaskan, bahwa kebijakan tersebut berdasarkan resiko. ‎Ia menyebutkaan, pandemi Covid-19 memasuki tahun kedua sementara pedoman penanggulangan Covid-19 sudah tujuh kali berubah.

SAG menegaskan, itu bukan bentuk inkonsistensi pemerintah, tapi didasarkan perkembangan dan hasil penelitian. ‎Pun demikian, Zulfikar dari PGRI Aceh menyatakan hal di atas bersifat kasuistik dan menegaskan komiten pihaknya menjadi corong pemerintah dalam perang melawan pandemi.

Sementara itu,  Risang Rimbatmaja dari UNICEF menawarkan pola komunikasi yang persuasif lewat pendekatan personal. ‎Menurutnya, pola tersebut lebih efektif karena lebih menggugah kesadaran. (rilis).

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Kapolres Nagan Raya akan Tindak SPBU Nakal yang Rugikan Masyarakat

29 March 2024 - 12:05 WIB

Safari Ramadhan, Tim Pemerintah Aceh dan Pj Bupati Iswanto Sambangi Masjid Syuhada Neuheun

29 March 2024 - 11:47 WIB

Antisipasi Praktik Curang Penjualan BBM, Polisi Cek Sejumlah SPBU di Gayo Lues

28 March 2024 - 22:25 WIB

Dirlantas Polda Aceh bersama IMBI Bagikan Takjil dan Beras kepada Pengendara

28 March 2024 - 21:06 WIB

Modus Penipuan Catut Namanya Kembali Terjadi, Ini Klarifikasi dan Himbauan Haji Uma

28 March 2024 - 21:00 WIB

BSI Regional Aceh Dorong Penguatan Transaksi Digital Masjid

28 March 2024 - 19:36 WIB

Trending di DAERAH