Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 1 Sep 2021 17:33 WIB ·

Full Day School, Pendidikan Agama Tingkat SD di Simeulue 


 Rutinitas sehari-hari shalat Dhuha dan Dzuhur berjamaah murid dan guru SD Plus Muhammadiyah Sinabang, Rabu ‎(1/9). Ahmadi - harianrakyataceh.com 
‎ Perbesar

Rutinitas sehari-hari shalat Dhuha dan Dzuhur berjamaah murid dan guru SD Plus Muhammadiyah Sinabang, Rabu ‎(1/9). Ahmadi - harianrakyataceh.com  ‎

HARIANRAKYATACEH.COM – Seratusan bocah laki-laki dan perempuan bersama guru dengan tertib memasuki musallah yang berada di aera kompleks SD Plus Muhammadiyah Sinabang, untuk melaksanakan shalat duha, sekitar pukul 07:30 WIB,yang merupakan salah satu kegiatan rutin setiap pagi sebelum dimulainya proses belajar tatap muka dalam lokal.

Tanda pemberitahuan telah selesai belajar mengajar dalam lokal siang harinya menggema, namun murid dan guru bukan bergegas pulang tapi justru buru-buru berwudhu, bersamaan dengan kumandang azan dan kembali shalat dzuhur berjamaah, setelah tuntas doa bersama kemudian masing-masing pulang dengan tertatur.

Pemandangan rutinitas sehari-hari di Sekolah Dasar (SD) Plus Muhammadiyah Sinabang, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue, yang merupakan salah satu SD yang menerapkan belajar mengajar pendidikan untuk anak usia dini dengan mengadopsi ‎Kurikulum Nasional dan Program Islam Terpadu (Sholat Duha, Dzuhur) ‎ atau disebut program Full Day School

Sehingga dengan program unggulan Full Day School SD Plus Muhammadiyah Sinabang yang didukung 20 orang tenaga pengajar lulusan berbagai bidang ilmu pendidikan itu‎, juga masing-masing murid dari kelas 1 hingga kelas 6 dan salah satu syarat untuk lulus dari sekolah tersebut, setidaknya murid telah hafal ayat Al Quran sebanyak 3 juz atau juz 30.

Program pendidikan Full Day Plus yang diterapkan juga mendapat dukungan dari para orang tuan dan wali murid tersebut, di jelaskan Maulana Malik Safi’i, Kepala Sekolah Dasar (SD) Plus Muhammadiyah, yang ditemui Harian Rakyat Aceh, sesaat setelah shalat berjamah dzuhur dan sedang mengawasi para muridnya yang hendak pulang kerumahnya masing-masing.

‎”Alhamdulillah, saat ini kita sedang menerapkan Kurikulum Nasional dengan Program Islam terpadu, Shalat Duha, Dzuhur serta Program Full day School. Maka pagi hari sebelum masuk lokal untuk belajar mengajar, shalat Duha berjamah dan sebelum pulang siang, kita shalat Dzuhur berjamah, termasuk hafal 3 juz ayat Alquran setiap murid yang lulus dari sekolah kita ini”, katanya, kepada harianrakyataceh.com, Rabu (1/9).

Namun untuk memajukan program pendidikan di SD Plus Muhammadiyah Sinabang itu, masih banyak kendala berupa membutuhkan perhatian dan dukungan dana terutama yang bersumber dari Pemerintah maupun dan pihak ketiga lainnya, juga total 20 orang tenaga pengajar yang ada belum berstatus ASN, masih berstatus guru bakti dan hanya satu orang berstatus pegawai kontrak.

‎”Nah ini kendala serius yang kita hadapi saat ini persoalan dana, maka kita sangat membutuhkan dukungan dana dari pihak Pemerintah atau pihak ketiga lainnya, termasuk orang tua murid. 20 orang guru disini tidak ada yang berstatus PNS, semuanya masih berstatus guru bakti dan saya sendiri masih berstatus pegawai kontrak untuk mengajar murid kami sebanyak 201 orang”, imbuhnya.

Diketahui SD Plus Muhammadiyah Sinabang yang berada di kota Sinabang pusat Pemerintahan Kabupaten Simeulue itu, ‎sehingga menjadi salah satu sekolah yang diperbutkan para orang tua untuk untuk anaknya dapat diterima dan menimbah ilmu, juga mudah dijangkau disebabkan berada di ruas jalan utama jalur dua. (ahi).

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Satpol PP WH Lhokseumawe Amankan Anak di Bawah Umur Mabuk Lem, Lalu Dimasukkan ke Dayah

18 March 2024 - 18:39 WIB

Setahun Rp 879 Juta Lebih, Biaya Jasa Jaringan Internet Pemda Simeulue

18 March 2024 - 16:07 WIB

Jelang Penutupan, Satgas TMMD ke -119 Kodim 0102/Pidie Kebut Semua Sasaran Fisik

18 March 2024 - 14:04 WIB

Bedah Rumah Program TMMD Hampir Rampung

18 March 2024 - 08:44 WIB

Ketua DPRK Aceh Jaya Apresiasi Tim Gabungan Berhasil Amankan Pelaku Penusukan

17 March 2024 - 15:32 WIB

Kerjar Target, Satgas TMMD Ke-119 Kodim 0102/Pidie Kebut Pengerjaan Jembatan

17 March 2024 - 13:11 WIB

Trending di DAERAH