Pandemi Covid Bukan Kendala untuk Berprestasi

ILUSTRASI : Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs Alhudri MM, memberikan arahan kepada para guru dan tenaga pendidik saat kunjungan ke Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Kabupaten Pidie dan Pidie Jaya, Bireuen - Lhokseumawe - Aceh Utara, serta Aceh Tengah - Bener Meriah yang berlangsung sampai Sabtu (19/6). HUMAS PEMERINTAH ACEH

HARIANRAKYATACEH.COM, BANDA ACEH – Pandemi Covid-19 tidak menjadi penghalang bagi sejumlah daerah untuk memperingati Hari Pendidikan Daerah (Hardikda) ke 62. Peringatan tentunya dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, Senin 2 September 2021.

Bahkan sejumlah daerah menjadikan Hardikda tahun ini sebagai momentum bangkitnya prestasi pendidikan di sejumlah daerah di Provinsi Aceh. Kepala Dinas Pendidikan Aceh Drs Alhudri MM beberapa waktu lalu mengajak semua komponen untuk menjadikan Hardikda sebagai momentum semangat untuk menuju pendidikan lebih bermartabat, bermutu, menuju generasi emas di masa yang akan datang.

“Semoga di momen Hardikda ini kita terus berpacu,” kata Teuku Fariyal atas nama Kadis Pendidikan Aceh, ujar Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Alhudri, MM melalui Kepala UPTD Balai Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan, Teuku Fariyal, pada Kamis (2/9/2021). 

Dia menjelaskan, pandemi COVID-19, meski sebagian aktivitas dengan sistem pembelajaran daring (online), bukan menjadi halangan bagi Dinas Pendidikan Aceh untuk terus berpacu dalam meningkatkan mutu pendidikan di provinsi paling barat Indonesia itu.

Untuk itu dia mengajak seluruh lapisan masyarakat, termasuk orang tua para siswa dapat bersinergi meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan Aceh ke depan. “Selain belajar di sekolah, orang tua juga bisa mengambil peran untuk mengajari anak-anaknya di rumah,” ucap Alhudri sebagaimana dikutip Teuku Fariyal.

Dongkrak Prestasi Siswa

Kadisdikbud  Kota Langsa, Dra Suhartini M.Pd  pada Kamis (2/9) juga menyampaikan jika pandemi covid bukan menjadi kendala untuk berprestasi.

Menurutnya Suhartini menyampaikan program yang telah digagas melalui Disdikbud Kota Langsa telah berhasil mengangkat sejumlah prestasi bagi siswa baik tingkat Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah Pertama.

Baik di  tahun 2019 sampai dengan tahun 2021, dimana siswa-siswa di Kota Langsa telah mengukir berbagai prestasi baik  di tingkat Provinsi maupun di tingkat Nasional. Ujarnya.

Suhartini  juga menyapaikan jika dirinya bersama seluruh jajaran akan terus menjalankan program-program pendidik dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kota Langsa.

Walau saat ini sedang berada di tengah pandemi covid 19 tidak menyurutkan semangat jajaran Disdikbud dan seluruh tenaga pendidik  untuk terus menjalankan program dan mengukir prestasi untuk Kota Langsa.

“Kami beserta seluruh jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Langsa akan terus mengupayakan program pendidikan bermutu untuk terus berjalan dan menghasilkan SDM terbaik untuk Kota Langsa” ujarnya.

Selanjutnya  menambahkan jika hari pendidikan yang di peringati setiap tahunnya tentu bukan hanya sekedar seremonial  belaka namun harus dijadikan momentum untuk mengevaluasi diri, sejauh mana capaian pendidikan yang sudah di raih.

Mari kita refleksi sejenak, sejauh mana sudah tanggungjawab kita dalam meningkatkan mutu pendidikan sehingga kita tidak terlena dengan prestasi yang sudah diraih namun mampu meraih prestasi di bidang pendidikan lainnya.

Lebih lanjut Kadisdik menjabarkan, sesuai dengan tema Hardikda Aceh ke 62 yaitu, “Dengan Merdeka Belajar Prestasi Tumbuh dan Tangguh Menuju Aceh Caroeng” , hal ini seyogyanya dapat di implementasikan disetiap sekolah khususnya yang berada dilingkungan jajaran Disdik Langsa, untuk kita terus bersatu memajukan pendidikan di Kota Langsa. (ra)