Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

POLITIKA · 5 Sep 2021 16:20 WIB ·

Warning dari Pengamat soal Wacana 3 Periode Presiden Terselipkan


 Suasana sidang MPR RI saat sidang Amemenden UUD 1945. Ilustrasi. Foto: dokumen JPNN.Com  Perbesar

Suasana sidang MPR RI saat sidang Amemenden UUD 1945. Ilustrasi. Foto: dokumen JPNN.Com

HARIANRAKYATACEH.COM – Pengamat politik Universitas Andalas Asrinaldi menilai bukan tidak mungkin wacana masa jabatan presiden menjadi tiga periode terselipkan jika melakukan amendemen terkait Pokok-pokok Haluan Negara (PPHN).

Menurut Asrinaldi, setelah PAN bergabung dengan koalisi pemerintah, pembuatan PPHN hanya menjadi pintu masuk bagi perubahan masa jabatan presiden. “Itu hanya target untuk membuka kotak pandora, tetapi yang diinginkan oleh koalisi ini adalah salah satu yang dibicarakan itu untuk tiga periode masa jabatan,” kata Asrinaldi saat dihubungi JPNN.com, Minggu (5/6)

Dosen ilmu politik itu menyebutkan meski Presiden Jokowi telah menolak wacana presiden tiga periode itu, akan ada alasan yang membuat wacana itu tetap terwujud.

“Saya berpikir itu bisa saja dengan alasan karena masyarakat meminta, rakyat meminta, kan, istilah seperti itu lazim kita dengar,” lanjutnya.  Seharusnya, menurut Asrinaldi, masyarakat Indonesia mengawal wacana tersebut karena itu akan mengkhianati agenda reformasi saat menjatuhkan orde baru.

“Kalau itu terjadi, tentu kita mengkhianati agenda reformasi yang menumbangkan rezim orde baru,” tegas Asrinaldi.(mcr8/jpnn)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

PDIP Tolak Usung Menantu Jokowi di Pilkada Sumut

14 April 2024 - 14:43 WIB

Konflik Iran-Israel Bisa Picu Perang Dunia III

14 April 2024 - 14:40 WIB

Dirlantas Polda Aceh Imbau Pengguna Jalan Tol Siapkan Saldo yang Cukup

12 April 2024 - 11:25 WIB

Hari Kedua Idulfitri, 1.157 Kendaraan Pemudik Gunakan Tol Sibanceh

11 April 2024 - 16:21 WIB

Hendak Mudik Lebaran, Pemuda asal Aceh Ditolak Pihak Bandara Soekarno-Hatta hingga Dibantu Haji Uma

10 April 2024 - 23:58 WIB

Khatib Shalat Eid 1445 H Masjid Agung Abdya Mengajak Masyarakat untuk Bersatu

10 April 2024 - 18:12 WIB

Trending di UTAMA