PLN UIW Aceh Resmikan PKDB-TM di PLN UP3 Langsa

GM PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Aceh, Abdul Mukhlis meresmikan sekaligus launching Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan- Tegangan Menengah (PDKB-TM) PLN UP3 Langsa, Rabu (08/09/2021). Foto istimewa

HARIANRAKYATACEH.COM – General Maneger PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Aceh, Abdul Mukhlis meresmikan sekaligus launching Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan- Tegangan Menengah (PDKB-TM) PLN UP3 Langsa.

Kegiatan disertai juga gelaran apel siaga tersebut berlangsung di halaman gedung PLN UP3 Kota Langsa, Rabu (8/9/2021)

Tim PDKB ini merupakan Pasukan Elite PLN  yang personilnya terlatih melakukan pemeliharaan, perbaikan dan pergantian isolator, konduktor maupun perbaikan komponen jaringan listrik tanpa pemadaman.

Dalam sambutannya, General Manager PLN UIW Aceh, Abdul Mukhlis mengatakan, PLN (Persero) terus berupaya meningkatkan pelayanan terutama terhadap pemenuhan kebutuhan listrik bagi masyarakat.

Abdul Mukhlis mengakui, dalam operasional pihaknya juga dihadapkan dengan berbagai tantangan.

“Listrik itu, tidak mungkin tidak pernah padam, karena listrik merupakan ciptaan manusia, tetapi kita berusaha terus agar listrik jangan sampai padam, semua ini ikhtiar kita untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat” kata Abdul Mukhlis.

Ia mengatakan, Kota Langsa saat ini pertumbuhannya sangat bagus dan tanpa mengabaikan daerah lainnya, Kota Langsa menjadi perhatian pihaknya.

“Kota Langsa potensinya sangat menjanjikan, ada jalan tol, perguruan tinggi dan rumah sakit regional,” tuturnya.

Abdul Mukhlis menegaskan pihaknya juga siap bersinergi bersama Pemko Langsa.

Sebelumnya Manager PLN UP3 Langsa, Andi Seno Hendriatmoko dalam sambutannya mengatakan, tim PDKB Langsa merupakan tim termuda dalam wilayah Aceh setelah sebelumnya diresmikan tim PDKB Banda Aceh dan Lhokseumawe.

Menurut Andi Seno berharap, tim PDKB ini dapat menjadi rule model teknisi atau tenaga Ahli. Selain disiplin, profesional dalam pekerjaan serta dilengkapi dengan fasilitas APD memadai, sesuai SOP sehingga harapan mampu memberi pelayanan terutama terhadap perawatan jaringan untuk kelancaran kebutuhan suplay arus listrik bagi masyarakat.

Sementara, Wakil Wali Kota Langsa DR H.Marzuki Hamid, MM dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kota Langsa sangat mengapresiasi Tim PDKB-TM PLN UP3 Langsa.

“Bila diibaratkan, Tim PDKB-TM ini merupakan satuan elit atau spesialisasi (khusus) milik PLN yang melakukan perawatan jaringan tanpa pemadaman, meskipun arus listrik bertegangan tinggi” kata Wakil Wali Kota.

Pemerintah Kota Langsa juga memuji strategi PLN meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) serta memberi pelayanan maksimal terhadap masyarakat yang membutuhkannya.

“Selama ini pemerintah kota dan masyarakat Kota Langsa merasa senang dan jarang terjadinya pemadaman listrik, selama adanya tim PDKB ini” kata Marzuki Hamid

Kota Langsa sambung Marzuki Hamid terus berpacu meningkatkan pembangunan disegala bidang termasuk salahsatunya sektor pariwisata.

Dikesempatan itu Wakil Wali Kota Langsa juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak PLN yang secara profesional melayani terhadap pemenuhan kebutuhan suplay listrik bagi masyarakat pelaku usaha di Kota Langsa.

“Masyarakat pelaku usaha yang menggantung usahanya dari listrik seperti warkop,cafe,restoran dan sektor lainnya tentunya sangat mengapresiasi kondisi ini, dimana kebutuhan akan listrik berjalan normal dan menggembirakan kita semua” ujar Wakil Wali Kota Langsa.

Pemko berharap kondisi ini dapat terus dipertahankan semata untuk memberikan rasa nyamanan khususnya terhadap kelangsungan dan kelancaran kebutuhan listrik bagi masyarakat Kota Langsa, pungkasnya.

Kegiatan launching PDKB-TM PLN UP3 Langsa dan Bhakti PDKB mengusung thema “PDKB Peutrang Nanggroe, Rakyat Makmue Seujahtera” tersebut juga turut dihadiri bapak Edy yang merupakan senior princent distribusi PLN (Persero)

Diakhir kegiatan juga dilakukan Peusijuk (red-tepung tawar) terhadap personil tim dan sarana alat operasional PDKB yang oleh salah seorang tokoh adat Tgk.Sulaiman.

Serta pertunjukan aksi demontrasi oleh Tim PDKB TM PLN UP3 Langsa menangani perawatan jaringan listrik tanpa pemadaman. (ra)