Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

UTAMA · 9 Sep 2021 15:26 WIB ·

Perebutkan Piala Gubernur, Disbudpar Aceh Gelar Festival Ratoh Jaroe


 Pemerintah Aceh melalui Disbudpar Aceh kembali menggelar Festival Ratoh Jaroe di pada 10- 11 September 2021 Perbesar

Pemerintah Aceh melalui Disbudpar Aceh kembali menggelar Festival Ratoh Jaroe di pada 10- 11 September 2021

HARIANRAKYATACEH.COM, BANDA ACEH – Pemerintah Aceh melalui Disbudpar Aceh kembali menggelar Festival Ratoh Jaroe di pada 10- 11 September 2021, dengan pegelaran secara virtual. Atraksi seni budaya Aceh ini siap menyapa masyarakat internasional melalui kanal YouTube Disbudpar Aceh.

Dalam menjaga dan membumingkan tarian tradisional Aceh ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh telah menyukseskan perhelatan Festival/Lomba Tari Ratoh Jaroe pada tahun 2019 (tingkat provinsi). Even ini sebagai upaya memberikan ruang kreativitas pada pengiat-pengiat seni di Aceh, khususnya seni tari.

Setelah jeda setahun, Disbudpar Aceh kembali membuka ruang tersebut kepada generasi muda dengan menggelar kembali Festival Ratoh Jaroe.

“Ini sebagai daya rangsang kreatif yang inovatif bagi para creator dalam melihat secara jernih akan keberlangsungan dan perkembangan kesenian Aceh di masa lalu dan berinovasi untuk masa yang akan datang. Dengan begitu kita dapat menjaga keberlangsungan suatu genesis berikutnya yang akan melimpahkan seni tari Aceh dengan nuansa-nuansa baru,” sebut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisbudpar) Provinsi Aceh, Jamaluddin, Kamis (09/09/2021) di Banda Aceh.

Dijelaskannya, Festival Ratoh Jaroe 2021, memperebutkan Piala Gubernur Aceh dengan pegelaran secara virtual melalui kanal YouTube Disbudpar Aceh.

“Kegiatan ini untuk menumbuhkan semangat solidaritas, persatuan dan kesatuan bangsa di kalangan pecinta seni dan generasi muda, serta dalam upaya melestarikan tarian seni budaya nasional terutama Aceh,” kata Jamaluddin.

Selain itu, kata dia, kegiatan ini sebagai wadah memperkenalkan budaya Aceh, juga menjadi sarana promosi seni budaya untuk masyarakat luas di Indonesia dengan harapan memupuk rasa cinta tanah air bangga terhadap kebudayaan nusantara yang sangat beragam, dan melestarikan nilai nilai tradisi.

“Ini juga sebagai bentuk penyaluran bakat dan motivasi selama masa pandemi Covid-19,” katanya.

Kabid Bahasa dan Seni Disbudpar Aceh, Nurlaila Hamjah menyebutkan, Festival Ratoh Jaroe ini menjadi sebuah ajang silaturrahmi para pelaku seni dan mampu menciptakan daya tarik wisatawan luar untuk berkunjung ke Aceh.

“Pada Festival Ratoh Jaroe 2021 kali ini memperebutkan piala Gubernur Aceh, Diikuti oleh group tari ratoh jaroe dari seluruh Aceh. Bagi group yang berhasil masuk sepuluh besar terbaik akan di tayangkan secara virtual pada tanggal 10-11 Sepetember 2021,” Jelasnya.

Festival Ratoh Jaroe kali ini panitia juga menghadirkan Yusri Saleh atau Dek Gam, seniman asal Aceh yang menciptakan tari ratoh Jaroe sebagai dewan juri. “Untuk Dewan Juri panitia sengaja menghadirkan mestro ratoh jaroe, Yusri Saleh,’ Demikian Nurlaila Hamjah. (ra)

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Komnas HAM: Pemerintah Harus Jaga Tulang Belulang di Rumoh Geudong Korban Pelanggaran HAM di Aceh

29 March 2024 - 16:32 WIB

YARA Ajukan Permintaan Dokumen Pengelolaan Parkir Dishub dan RSUD Subulussalam

29 March 2024 - 15:34 WIB

Launching Berkah PLN Mobile, Pelanggan PLN di Aceh Bisa Mendapatkan Hadiah Umrah

29 March 2024 - 14:59 WIB

Bagaimana Hukum Mengerjakan Sholat Tarawih Tapi Belum Sholat Isya? Simak Penjelasannya!

29 March 2024 - 14:48 WIB

LPTQ Aceh Gelar Haflah Tadarus Ramadhan di Masjid Tungkop

29 March 2024 - 14:46 WIB

Persentase Kelulusan SNBP 2024 Siswa Aceh Capai 42,12 Persen, Meningkat dari Tahun Lalu

29 March 2024 - 14:26 WIB

Trending di UTAMA