12 Jam Petugas PLN di Tengah Longsor Demi Terangnya Pining

Petugas PLN melakukan perbaikan terhadap fasilitas listrik yang rusak akibat diterjang tanah longsor di daerah Pining, Gayo Lues tanggal (02/09/2021) lalu. Foto istimewa

HARIANRAKYATACEH.COM, BLANGKEJEREN – Cuaca ekstrim di wilayah kerja PT. PLN ( Persero ) ULP Blangkejeren mengakibatkan longsor di daerah Pining, Gayo Lues tanggal (02/09/2021) lalu.

Bermula dari hujan yang turun selama dua hari berturut – turut menyebabkan pepohonan tumbang mengenai jaringan listrik dan berhasil menjadi penyebab padam listrik dikarenakan jatuhnya satu buah tiang listrik.

Saat peristiwa itu terjadi yakni sekitar pukul 19.30 Wib, tiga orang petugas Pelayanan Teknik (Yantek) langsung meluncur ke lokasi padamnya listrik.

Namun saat petugas mulai bekerja, beberapa warga mendatangi petugas dan memberitahukan bahwa di daerah atas juga terjadi padam listrik yang disebabkan tumbang tiang. Alhasil total tiang tumbang sebanyak 2 buah dan 11 titik konstruksi rusak yang diakibatkan longsor.

Namun petugas tak dapat memperbaiki jaringan listrik malam itu. Longsor yang diperparah oleh hujan deras yang tak henti menyulitkan dilakukannya pekerjaan. Maka pada keesokan harinya tepat pukul 08.00 Wib, petugas Yantek yang berjumlah 17 orang yang dikoordinir oleh Spv Teknik ULP Blangkejeren memulai pekerjaan perbaikan jaringan listrik.

“Kami akan melakukan pekerjaan dengan sepenuh hati agar masyarakat Gayo Lues dapat menikmati listrik PLN secara maksimal”, ujar Sertino Anggara Putra selaku Manager ULP Blangkejeren yang juga ikut turun ke lokasi pekerjaan.

Setelah dua belas jam berlalu, maka tepat pada pukul 20.00 Wib, pekerjaan perbaikan konstruksi jaringan listrik dan tiang tumbang pun rampung dikerjakan.

Meski karena peristiwa tersebut, koneksi seluler ikut terganggu namun listrik telah menyala kembali tepat disaat kelamnya malam hadir. Cik Yit yang merupakan warga Kecamatan Pining, Gayo Lues menyampaikan rasa terimakasih sebesar – besarnya kepada para petuga PLN Blangkejeren.

“ Saya salut sekali atas perjuangan seluruh petugas PLN yang mau mengorbankan dua belas jam waktunya agar listrik kami dapat menyala kembali. Semoga sehat selalu ya bapak – bapak petugas, ucap pria yang sehari – harinya berjualan kopi ini sambil tersenyum,” ujarnya.

Seperti diketahui, ULP Blangkejeren yang berada di Kabupaten Gayo Lues berada di wilayah pegunungan. Hal itu pula yang menyebabkan seringnya terjadi cuaca ekstrim hingga putus sinyal telekomunikasi di daerah ini. Namun tentunya semangat para insan PLN Blangkejeren tak akan beku dihantam dinginnya cuaca. Semangat dan keikhlasan akan terus mengiringi saat bekerja. Demi senyuman pelanggan setia.
(ra/slm)