Usai Divaksin Covid-19 Warga Dapat Doorprize dan Makanan Penambah Stamina

Warga mengambil jatah makanan penambah stamina berupa bubur kacang hijau plus telur rebus usai divaksin di Kampung Kesehatan, Karang Baru, Aceh Tamiang, Juamt 910/9). DEDE/RAKYATACEH.COM

HARIANRAKYATACEH.COM – Salah satu kampung di Kabupaten Aceh Tamiang membuka posko vaksinasi massal menyusul tingginya kasus harian terpapar Covid-19 di daerah itu sejak beberapa hari belakangan.

Menariknya setiap warga selesai suntik vaksin diberi hadiah doorprize dan makanan bergizi untuk meningkatkan imun tubuh seperti bubur kacang hijau, telur rebus dan buah.

Pemantauan di lapangan, posko vaksinasi ini didirikan di area luar pagar depan RSUD Aceh Tamiang, Kampung Kesehatan, Kecamatan Karang Baru. Sejak pagi warga sudah berdatangan antre untuk mendapatkan suntikan vaksin.

Datok Penghulu (Kades) Kampung Kesehatan, Syariful Alam mengatakan, untuk menarik minat masyarakat akan vaksin, aparatur desa menyediakan bermacam doorprize berupa alat perlengkapan dapur. Selain itu juga disediakan 250 cup bubur kacang hijau gratis sebagai asupan penambah stamina kepada warga yang baru divaksin.

“Doorprizenya bervariasi ada barang pecah bela seperti rantang, piring dan gelas diberikan secara diundi. Tapi saya salut ternyata tujuan masyarakat bukan doorprize, mereka datang karena memang ingin divaksin,” kata Syariful Alam kepada RAKYATACEH.COM, Jumat (10/9).

Dijelaskan, program vaksinasi di kampungnya untuk membantu pemerintah daerah dan pemerintah pusat memenuhi target capaian vaksinasi 2021. Disamping itu tingginya kesediaan masyarakat untuk divaksin.

“Setiap hari selalu ada masyarakat datang ke kantor desa minta diantarkan ke posko vaksin baik di Puskesmas maupun di posko yang dibuat Polres Aceh Tamiang,” ujarnya.

Terkadang, lanjut datok Syariful masyarakat rela diantar naik mobil pikap dan becak viar demi ikut vaksin. Berangkat dari antusias masyarakatnya tersebut pemerintah Kampung Kesehatan berinisiatif menyediakan posko vaksin di kampung.

“Kemudian kami mengajukan usulan ke Dinas Kesehatan Aceh Tamiang untuk menyelenggarakan vaksinasi massal disetujui,” jelasnya.

Menurut Syariful Alam, meski posko vaksin berada di Kampung Kesehatan namun pelayanan vaksinasi berlaku untuk masyarakat umum.

“Masyarakat luar kampung dan pendatang pun boleh vaksin di sini. Ini vaksinasi massal boleh untuk siapa saja yang bersedia divaksin,” sebut Syariful Alam.

Syariful Alam menambahkan, saat ini jumlah penduduk Kampung Kesehatan sekitar 500 KK (kepala keluarga). Sementara warga yang mendaftar ikut vaksinasi baru berkisar 200 jiwa.

“Dari 500-an warga yang datang, baru 200 orang lebih yang divaksin hari ini. Selebihnya banyak yang pulang karena lama sekali menunggu antrean. Kita berharap posko vaksinasi ini kembali dibuka untuk vaksin tahap kedua,” pungkas Syariful Alam. (mag-86)