Kadishub Aceh: Pelabuhan Penyeberangan Sibigo, Prioritas dan Final‎

Junaidi ST. MT, Kadishub Aceh.

HARIANRAKYATACEH.COM – “pelabuhan penyeberangan Sibigo, Kecamatan Simeulue Barat itu prioritas dan telah final pembangunannya. Nanti dengan hadir dan beroperasinya pelabuhan tersebut, menjadi urat nadi puncak pertumbuhan diberbagai bidang di pulau Simeulue”, kata Junaidi ST. MT, Kadishub Aceh kepada harianrakyataceh.com, Minggu (12/9).

Telah prioritas dan final kelanjutan pembangunan pelabuhan penyebarang ‎di Sibigo itu, disampaikan langsung Junaidi ST.MT, disela-sela Kunjungan Kerja (Kunker) di pulau Simeulue yang didampingi Mulyawan Rohas, Kadishub Kabupaten Simeulue disalah satu warung kopi yang ada di Kota Sinabang, Kecamatan Simeulue Timur.

Masih menurut Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Aceh, untuk lokasi dan lahan telah tersedia, dan pembangunan sarana dan prasana pendukung lainnya, masih membutuhkan anggaran Rp 30 miliar, serta diharapkan kebutuhan dana sebesar itu perlu kolaborasi antara Eksekutif, Legislatif dalam daerah dan provinsi Aceh untuk mengajukan dan lobi-lobi.

‎”Dengan anggaran sebesar Rp 30 miliar itu, untuk sementara cukup dulu, sebab sudah terbangun fasilitas yang layak untuk sandar kapal dan bangunan untuk penumpang. yang penting dapat operasional dulu pelabuhan Sibigo, nanti sarana lainnya menyusul”, imbuhnya.

Sebelumnya areal seluas 3,2 hektar telah dibebaskan oleh Pemerintah tahun 2016 lalu, yang persisnya berada di pinggir pantai Teluk Sibigo, Kecamatan Simeulue Barat, atau sekitar 90 kilometer dari Kota Sinabang, Ibukota Kabupaten Simeulue, yang melintasi Kecamatan Teluk Dalam dan juga dapat dijangkau dari Kecamatan Alafan serta Kecamatan Simeulue.

“Arealnya sudah dibebaskan Pemerintah sejak tahun 2016 lalu. Pelabuhan penyeberangan Sibigo itu berada di bibir pantai Teluk Sibigo, Kecamatan Simeulue Barat. Bila tersedia dana sebanyak itu yang disampaikan pak Kadishub Aceh tadi, insyaallah kembali dilanjutkan pembangunnya tahun tahun depan”, kata Mulyawan Rohas, Kadishub Kabupaten Simeulue, kepada harianrakyataceh.com. (ahi).