Mahasiswa Baru UNIKI Harapan Ummat Arongan Simpang Mamplam Ikuti PKKMB

Puluhan mahasiswa baru yang merupakan santri pada YPI Harapan Ummat Arongan, Kecamatan Simpang Mamplam, Kabupaten Bireuen, mengikuti program PKKMB, Sabtu (11/9). AKHYAR RIZKI RAKYAT ACEH

HARIANRAKYATACEH.COM – Puluhan mahasiswa baru (maba) yang merupakan santri pada Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Harapan Ummat Arongan, Kecamatan Simpang Mamplam, Kabupaten Bireuen, Sabtu (11/9) mengikuti program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

Informasi ini disampaikan oleh Abi Sulaiman SHi MM (Abi Sule) selaku pengurus Rayon Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) pada dayah yang dipimpin Tgk H Luthfi S Sos I M Sos tersebut.

Abi Sule kepada media ini mengatakan, kegiatan PKKMB adalah kegiatan wajib tahunan sebelum mahasiswa mengikuti perkuliahan di lingkungan UNIKI, sebagai bagian dari program pembinaan almamater kepada mahasiswa baru. Acara ini juga sekaligus pembukaan kuliah perdana dengan menghadirkan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UNIKI, Drs Win Konadi MSi.

“Sejak ditandatangani kerjasama bidang pendidikan pada tahun 2017 antara lembaga pendidikan STIE Kebangsaan Bireuen (sebelum perubahan bentuk menjadi UNIKI) dengan YPI Harapan Ummat Arongan Simpang Mamplam, mahasiswa UNIKI yang mondok dan belajar di YPI Harapan Umat tahun ini, tercacat sebagai rombongan belajar untuk angkatan ke-V. Mereka adalah santri yang berasal dari berbagai daerah. Sambil mengaji dan mangkaji Islam, juga menempuh pendidikan kampus,” ujar Pimpinan Dayah Tgk H Luthfi.

Disebutkan, untuk angkatan ke V tahun ini, PKKMB diikuti oleh 42 mahasiswa yang mengambil program Sarjana Manajemen.

Ia menambahkan, para santri, ustazd dan beberapa masyarakat di kawasan Arongan, juga bergabung mengikuti pendidikan kelas UNIKI dan sudah mencapai 245 mahasiswa.

“Insyaallah angkatan pertama, yang terdiri atas 32 mahasiswa untuk program S1 Manajemen dan S1 Ilmu Hukum, akan disidangkan akhir bulan depan ini,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III UNIKI berharap, calon mahasiswa baru dapat mengambil peluang secara efektif dan efisien serta bermakna.

“Insyaallah apa yang saudara lakukan ini, mendapat ridha Allah Swt dan bermanfaat bagi saudara, keluarga, almamater Dayah dan masyarakat nantinya,” sebutnya.

Ikut hadir dalam pembukaan sekaligus pemateri kegiatan ini yaitu, Kabag Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNIKI, Mulyadi SE MM mewakili Dekan, Ketua Pusat Pengembangan Karir dan Tracer Studi UNIKI, Murni SE MSi, serta sejumlah dosen yang membina matakuliah pada kelas di dayah ini. (akh)