PLN Dukung Budidaya Tambak Udang Vaname di Aceh Timur

PLN UP3 Langsa terus berbenah dan turut mensukseskan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di sektor perikanan.

HARIANRAKYATACEH.COM – Seiring pertumbuhan usaha tambak di wilayah Aceh Timur khususnya di wilayah kerja PT PLN (Persero) UP3 Langsa ULP IDI, PLN UP3 Langsa terus berbenah dan turut mensukseskan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di sektor perikanan.

Hal ini di awali dengan penunjukan Aceh Timur sebagai kluster tambak percontohan di Desa Matang Rayeuk, Kecamatan Peudawa, Kabupaten Aceh Timur dikarenakan kondisi alamnya yang masih sangat mendukung di mana kualitasnya air sangat baik, serta lahan yang tersedia cukup luas. Minat masyarakat akan budidaya udang vaname juga besar.

Selaras dengan hal itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Sakti Wahyu Trenggono berkunjung  ke Kabupaten Aceh Timur, Rabu (07/09/2021). Ia berkunjung ke dua daerah tambak untuk meninjau langsung tambak percontohan di Desa Alue Bu dan Desa Matang Rayeuk dengan menggunakan helicopter.

Dalam kunjungannya itu, Menteri Sakti Wahyu  Trenggono didampingi oleh Sekretaris Jendral Drs Antam Novambar, S.H., M.Hum, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia disambut hangat oleh Bupati Aceh Timur H.Hasballah Bin H.M.Taeb SH di lapangan desa setempat.

Menurut Menteri Sakti Wahyu Trenggono kunjungannya itu untuk melihat potensi tambak udang vaname yang sebagai contoh, karena pihaknya saat ini ingin mencapai target 2 juta ton di 2024, salah satunya yaitu di Aceh khusunya Kabupaten Aceh Timur, Karena kabupaten ini mempunyai kontribusi besar dari segi lahan serta infrastruktur yang bagus. Karena pihaknya menilai laut dikabupaten ini tidak ditemukan di Pulau Jawa, karena laut disini dianggap Trenggono sangat bersih.

Dalam Sambutannya pada saat launching Pasang Baru Tambak Udang Intensif Kelompok Matang Neuheun, Bupati Aceh Timur H.Hasballah Bin H.M.Taeb SH, berterima kasih kepada PLN UP3 Langsa ULP IDI yang telah menyelesaikan pembangunan dan penyalaan jaringan listrik di lokasi Tambak Udang Intensif ini serta juga salah satu bentuk Dalam mewujudkan dan memajukan perekonomian masyarakat di Aceh Timur.

Untuk mensukseskan program tersebut PLN UP3 Langsa melalui Manajer ULP IDI Abdul Majid berkomitmen untuk terus berupaya mendukung pertumbuhan dari usaha tambak ini, dimana hadirnya klaster tambak percontohan di Matang Rayeuk juga menciptakan multiplier effect, ditambah jumlah permohonan Pasang Baru untuk usaha tambak sendiri terus meningkat. (ra)