Kepala BKPSDM Simeulue: Hari Pertama Tes Seleksi CPNS, 17 Orang Tidak Hadir

Peserta tes seleksi CPNS Kabupaten Simeulue, Selasa (14/9). Ahmadi - harianrakyataceh.com

‎HARIANRAKYATACEH.COM – Tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau tes Calon Aparatur Sipil Negara (CASN)‎ yang digelar di Kabupaten Simeulue, sebanyak 17 peserta tidak hadir pada hari pertama pelaksanaan ujian.

17 orang yang tidak hadir tanpa keterangan itu, secara regulasi dan aturan, secara otomatis tidak lulus dan tidak ada tes susulan. Hal itu dijelaskan Sabu Nasir S.Ag.MSi, Kepala BKPSDM Kabupaten Simeulue, kepada harianrakyataceh.com, Selasa (14/9) sore.

“Hari ini ada 17 orang peserta tes seleksi CPNS yang tidak hadir mengikuti ujian tes seleksi dan secara regulasi, aturan yang tidak hadir itu dinyatakan tidak lolos, serta tidak ada tes susulan”, katanya.

Masih menurut Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Simeulue itu, pelaksanaan ujian dalam satu hari dibagi 4 sesi dengan durasi 60 menit yang diikuti 65 peserta tes seleksi CPNS atau CASN.

Adapun sebut Sabu Nasir, untuk sesi pertama, yang tidak hadir sebanyak tiga orang. Sesi kedua juga ada dua orang ‎tidak hadis. Sesi ketiga yang tidak hadir sebanyak empat orang serta sesi ke empat juga yang tidak hadir sebanyak delapan orang.‎

‎Total peserta tes seleksi CPNS atau CASN sebanyak 2. 773 orang, dengan rincian 1.738 orang peserta untuk formasi CPNS atau CASN, kemudian sebanyak 916 orang untuk formasi PPPK Guru dan  sebanyak 119 orang formasi PPPK Non Guru.

‎”selama 8 hari dari tanggal 14-21 September 2021 untuk pelaksana tes seleksi ini, dengan peserta yang mendaftar sebanyak 2.773 orang dan sekitar kurang dari 7 persen pesertanya dari luar daerah”, imbuhnya.

Data yang dihimpun harianrakyataceh.com, terjadi kenaikan peserta yang mendaftar dan mengikuti tes seleksi tahun 2021 sebanyak 2.773 orang, di bandingkan ‎dengan peserta tes seleksi CPNS tahun 2019 lalu, sebanyak 1.551 orang. (ahi).