TAGANA Masuk Sekolah di Kabupaten Pidie

Dinas Sosial Kabupaten Pidie melakasanakan kegiatan Tagana Masuk Sekolah (TMS) di beberapa Sekolah Kabupaten Pidie. Foto kiriman khazar

HARIANRAKYATACEH.COM – Dinas Sosial Kabupaten Pidie melakasanakan kegiatan Tagana Masuk Sekolah (TMS) di beberapa Sekolah Kabupaten Pidie di antaranya, SMP Negeri 2 Delima, SMP Negeri 1 Padang Tiji, SMA Negeri 1 Padang Tiji, SMA Negeri 1 Delima dan MAN 1 Pidie, Selasa (14/09/2021).

Ketua FK Tagana Aceh Rizal Dinata SE mengatakan, kegiatan Tagana Masuk Sekolah (TMS) sangatlah penting untuk dilaksanakan dalam rangka mendorong semua pihak untuk siaga dalam menghadapi bencana. Lebih-lebih sebentar lagi kita akan memasuki dalam musim hujan yang rentan akan terjadi bencana banjir, longsor, angin putting beliung mau pun bencana-bencana lainnya yang tidak mampu kita prediksikan yang terjadi sekitar kita.

Kita pahami bersama bahwa kegiatan Tagana Masuk Sekolah (TMS) ini merupakan bagian upaya Program Edukasi Kesiapsiagaan masyarakat dalam penaggulangan bencana yang bertujuan memepercepat terbangunnya pemahaman dan kesiapsiagaan masyarakat maupun petugas penanggulangan bencana terhadap potensi dan kemungkinan terjadi bencana di setiap wilayah di Indonesia.

Program ini merupakan program nasional yang di jalankan oleh Kementerian Sosial yang bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, BNPB, Kementerian Lingkungan Hidup, TNI, Polri, Pemerintah.

Kegiatan Tagana Masuk Sekolah (TMS) Kabupaten Pidie juga turut hadir Kasie PSKBA Dinsos Aceh, Sekdis, Kabid, Kasie Dinas Sosisal Kab. Pidie, Pembina dan Ketua FK Tagana Aceh, Ketua RAPI Pidie, Kepala Sekolah MAN 1 Pidie.

Ketua FK Tagana Aceh Rizal Dinata.SE juga menambahkan melalui Tagana tentunya dapat memberikan materi serta sosialisasi dan Mitigasi Bencana yang menyangkut kebencanaan kepada anak-anak kita, sehingga anak-anak kita nantinya dapat menyelamatkan diri sendiri dan melakukan evakuasi sederhana bila terjadi bencana.

Rizal Dinata.SE juga berharap Kegiatan Tagana Masuk Sekolah (TMS) dapat dilakukan secara berkelanjutan atau berkala di setiap sekolah-sekolah.