Astra Agro Raih Nusantara CSR Award 2021

Astra Agro Raih Nusantara CSR Award 2021

harianrakyataceh.com – PT Astra Agro Lestari Tbk (Astra Agro) kembali mendapatkan penghargaan berkat program-program corporate social responsibility (CSR) yang dijalankannya.

Pada event Nusantara CSR Award 2021 yang digelar secara hybrid pada Rabu (15/09/2021), perusahaan perkebunan kelapa sawit ini meraih penghargaan sebagai perusahaan yang berhasil menjalankan Penanggulangan Dampak Covid-19.

Di acara bertema “Merdeka dari Covid-19 dengan Kolaborasi” tersebut Astra Agro memperoleh penghargaan dalam empat kategori yang berbeda yaitu Peningkatan Mutu Pendidikan, Pemberdayaan Ekonomi Komunitas, Peningkatan Mutu Kesehatan, dan Pelibatan Komunitas dalam Menangani Sampah.

“Terima kasih kepada perusahaan-perusahaan yang telah berperan penting dalam menanggulangi Covid-19 bersama masyarakat,” ungkap La Taofi selaku Chairman The La Tofi School of CSR sekaligus tim penilai Nusantara CSR Award 2021 dalam sambutanya.

Menurutnya, kontribusi perusahaan dalam membantu memitigasi penanggulangan covid ini sangat luar biasa hasil maupun dampaknya. Selain itu, progam-program yang dijalankan oleh perusahaan ini juga turut melahirkan inovasi baru di tengah pandemi Covid-19.

Astra Agro memang memegang teguh pelaksanaan program CSR melalui empat pilar yakni ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan lingkungan. Program-program tersebut kini dijalankan melalui kegiatan dengan tema-tema; Astra Kreatif (bidang pengembangan ekonomi masyarakat), Astra Sehat (bidang pengembangan kesehatan masyarakat), Astra Cerdas (bidang pengembangan pendidikan masyarakat), dan Astra Hijau (bidang pengembangan lingkungan). Semua diharapkan dapat menyeimbangkan nilai ekonomi dan nilai sosial secara bersamaan dengan tujuan dapat memberikan solusi terhadap persoalan dan permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Kriteria penilaian Nusantara CSR Award 2021 didasarkan pada program-program yang berdampak positif yang mengacu pada kesuksesan program dalam membantu mengatasi masalah sesuai dengan kebutuhan sosial, inovasi, serta mudah untuk diterapkan bagi masyarakat.

Adapun tim penilai dalam event ini dilakukan oleh La Tofi, Chairman The School of CSR, Prof Ibnu Hamad, Guru Besar Komunikasi Universitas Indonesia, Jo Kumala Dewi, Direktur Kemitraan Lingkungan Kementerian KLHK, Sarman Simanjorang, Wakil Ketua Umum Bidang Pengembangan Otonomi Daerah KADIN, dan Agus Suharyono, Asdep Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Kementerian BUMN.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Chairman The La Tofi School of CSR, La Tofi.

“Terima kasih atas penghargaan dan kepercayaan yang diberikan kepada Astra Agro. Semoga penghargaan ini lebih memotivasi Astra Agro untuk meningkatkan kinerja program pemberdayaan masyarakat,” ungkap Fajar Santoso Social Engagement, PT Astra Agro Lestari Tbk yang mewakili Astra Agro menerima penghargaan tersebut secara virtual.

Menurut Fajar, pelaksanaan program CSR ini sejalan dengan misi perusahaan yaitu menjadi panutan dan berkontribusi untuk pembangunan serta kesejahteraan bangsa.

“Melalui empat program pilar CSR, meski dalam masa pandemi Astra Agro tetap konsisten melaksanakan kegiatan CSR,” ujarnya sambil menegaskan semakin pentingnya kegiatan-kegiatan CSR untuk membantu masyarakat menekan angka penyebaran virus Covid-19.

“Program-program CSR yang kami laksanakan merupakan komitmen Astra Agro dalam rangka mendukung pencapaian Sustainable Development Goal’s (SDG’s) di wilayah operasional,” tegasnya (ra)