Internet Terputus, Tes CPNS Tertunda 7,5 Jam

Tes ujian CPNS CPNS di Gayo Lues tertunda 7.5 jam di Bale Musara Kota Blangkejeren, Rabu (15/9), sempat tertunda karena putusnya jaringan internet. (bambang yudi/rakyat aceh)

HARIANRAKYATACEH.COM – Hari kedua tes CPNS di Gayo Lues tertunda 7.5 jam. Penundaan terjadi akibat jaringet internet terputus. Sistem ujian CAT tidak bisa dilaksanakan tanpa adanya jaringan internet. Tes bisa dilaksanakan sekitar pukul 15.30 WIB setelah internet terhubung.

Kapala BKSDM Gayo Lues Drs. Jamaluddin pada Rabu (15/9) di lokasi ujian di Bale Musara Kota Blangekejeren menyebutkan, hasil keputusan bersama Pansel, ujian akan dilanjutkan kembali dari sesi pertama.

Menurut Jamal hubungan internet terputus sejak pagi, saat dibuka komputer tidak ada jaringan. Tim teknis berusaha mencari tau ternyata permasalahan ada pada jaringan internet.

Saat dikonfirmasi tidak adanya jaringan kepihak Telkom, didapat jawaban adanya masalah teknis di daerah Kenangko Tanah Karo. Tim Telkom sudah meluncur ke TKP tempat terjadinya kerusakan.

“Sementara kami menunggu hingga sesi pertama dan kedua berakhir, sampai masuk pada sesi ketiga, jaringan belum juga terhubung. Kami hanya bisa menunggu sampai jaringan bisa kembali lancar sekira pukul 15.30 WIB. Barulah kami melaksanakan kembali dari sesi pertama sampai akhir sesi ke empat diperkirakan hingga larut malam,” ungkap Jamal.

Dari hasil keputusan rapat bersama panitia pelaksana, tes dilanjutkan lagi dari sesi pertama. Sampai habis pada hari ini juga. Ini dimaksudkan supaya tidak mengganggu jadwal tes peserta lain, yang sudah ada dalam di sistem tes CAT.

Purba salah satu karyawan PT.Telkom Kota Blangkejeren saat dihubungi sekira pukul 11.00 WIB mengatakan, kerusakan terjadi bukan di wilayah Gayo Lues tetapi di wilayah kerja Aceh Tenggara. Dari informasi Telkom Aceh Tenggara menyebutkan kerusakan terjadi akibat adanya putusnya kabel di daerah Kenangkong, Tanah Karo.

“Saat ini TIM Telkom Aceh Tenggara sedang berada di lokasi untuk melakukan perbaikan jaringan fiber optic,” ujarnya. (yud/min)