Indeks Keterbukaan Informasi Publik Aceh Tiga Besar Nasional

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh Marwan Nusuf, B.HSc, MA

HARIANRAKYATACEH.COM – Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP) Pusat Gede Narayana telah mengumumkan hasil skor IKIP Nasional Tahun 2021 dalam Forum Dewan Penyelia Nasional (National Assessment Council Forum) IKIP 2021 yang diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition, Tangerang, Jumat (17/9/2021).

Provinsi Aceh masuk tiga besar nasional dengan nilai IKIP tertinggi dengan skor 79,51, posisi kedua ditempati oleh Kalimantan Barat dengan skor 80,38 dan peringkat pertama adalah Bali dengan perolehan skor 83,15.

“Alhamdulillah, kali ini Aceh masuk tiga besar dengan nilai IKIP tertinggi,” kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh Marwan Nusuf, B.HSc, MA, kepada harianrakyataceh.com, Jumat (17/09/2021).

Adapun tiga provinsi dengan nilai IKIP tertinggi adalah Bali dengan perolehan skor 83,15 (kategori ‘Baik’), Kalimantan Barat dengan skor 80,38 (kategori ‘Baik’), dan Aceh dengan skor 79,51 (kategori ‘Sedang’).

Lebih lanjut Marwan Nusuf menambahkan apa yang diperoleh hari ini merupakan “on the track’ dimana keterbukaan informasi publik di Aceh sudah berjalan dengan baik.

Penilaian ini memang sangat transparan dengan melibatkan informan ahli baik Ombushman, LSM maupun dari akademisi. Kemudian diberikan ke pusat sehingga hasilnya benar-benar dapat dipertanggungjawabkan.

“Jadi ini penilaian pusat dari 34 provinsi yang ikut dan alhamdulillah kita dapat masuk tiga besar nasional Semoga apa yang sudah kami raih ini dapat terus dipertahankan ke depannya. Amin,” demikian ujar Marwan Nusuf. (ra)