Mahasiswi Umuslim Penghuni Rusunawa Wajib Ikut Pengajian Malam

Rektor Marwan meresmikan dimulainya pengajian wajib bagi mahasiswa penghuni Rusunawa Umuslim, Senin (20/9). AKHYAR RIZKI RAKYAT ACEH

HARIANRAKYATACEH.COM – Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan, Kabupaten Bireuen, menerapkan aturan bagi mahasiswi yang mondok di rumah susun mahasiswa (rusunawa) Umuslim, diwajibkan mengikuti pengajian malam hari.

Rusunawa Umuslim berlokasi di kampus timur, tepatnya di Desa Paya Cut. Sekarang dihuni lebih 100 mahasiswi, yang berasal dari berbagai kabupaten/kota seluruh Aceh, bahkan ada yang dari Sumatera Utara.

Kewajiban untuk mengikuti pengajian bagi mahasiswi yang tinggal di rusunawa tersebut, berdasarkan arahan Rektor, Dr H Marwan MPd, guna untuk meningkatkan keimanan mahasiswa, khususnya yang menempati asrama.

Peresmian tanda dimulainya pelaksanaan program pengajian malam bagi mahasiswi, telah dibuka secara resmi oleh Rektor, yang dilaksanakan bersamaan dengan shalat magrib berjamaah, di mushalla kampus setempat, Senin (20/9) malam.

Pada kesempatan tersebut, Rektor Marwan menyampaikan, program yang dijalankan ini sebagai upaya untuk meningkatkan iman, taqwa dan akhlak mahasiswa, sehingga nantinya lulusan Umuslim menjadi intelektual beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berbudi pekerti luhur, dan beraklak mulia.

“Pagi hari, mahasiswa mengikuti perkuliahan di berbagai Fakultas dan prodi. Sementara malam hari, mahasiswa wajib belajar agama, seperti mengikuti pengajian Al quran dan belajar kitab-kitab Arab,” ujarnya.

Pihak kampus, subutnya, sudah menetapkan beberapa orang ustadzah, alumni pesantren yang sudah mempunyai pengalaman mondok untuk menjadi pembina dan pembimbing di asrama.

Saat peresmian dimulainya pengajian, juga turut dihadiri Wakil Rektor bidang Akademik, Dr Halus Satriawan MSi, sejumlah Dekan serta dosen lingkup kampus. (akh)