FKOM UNIKI Gaet SMKS Ulumuddin Pelaksanaan Kampus Merdeka

FIKOM UNIKI kunjungi SMK Swasta Ulumuddin di Uteunkot, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, Rabu (22/9) guna menyepakati kerjasama. AKHYAR RIZKI RAKYAT ACEH

HARIANRAKYATACEH.COM – Dalam lawatannya ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Swasta Ulumuddin di Uteunkot, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, Pimpinan Fakultas Komputer dan Multimedia Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (FKOM UNIKI) bersama sejumlah dosen, menjalin kerjasama kelembagaan dalam menyahuti dan melaksanakan program Kementerian Pendidikan Kebudayaan Ristek (Kemdikbudristek) yaitu, Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Selain penandatanganan Memorandum of Understanding antara UNIKI dan pihak sekolah, juga dilakukan Memorandum of Agreement (MoA) serta Implementasi Agreement berupa kegiatan Visiting Lecture.

Kegiatan Visiting Lecture diisi oleh Dosen Informatika, Mutasar M Kom, Teuku Irfan Fajri S Kom MMSI dan Amrullah M Kom, dengan memberikan materi internet of thing (IOT) kepada para siswa di sekolah yang berdiri sejak 2008 tersebut.

Hal ini disampaikan Wakil Dekan FKOM, Mutasar S Kom M Kom kepada media ini, Rabu (22/9) usai kunjangan ke sekolah tersebut.

Disebutkan, Kepala SMKS Ulumuddin, El Obid Jumadil SPd dan para guru di sekolah, memberi ruang gerak kepada UNIKI. Selain mengikat kerjasama dalam program pengembangan SDM, Pendidikan dan Pengabdian kepada masyarakat, juga untuk menggelar pelatihan kepada siswa,” ujarnya.

Dekan FKOM, Amri S ST MT mengatakan, dalam rangka peningkatan institusi dan pelaksanaan Tri Darma perguruan tinggi, pihaknya terus mengaktualisasikan nota kerjasama dan pelaksanaan kegiatan kampus merdeka, bagi dosen dan mahasiswa.

“Kami berharap kepada mahasiswa Informatika di lingkungan FKOM nantinya, dapat merealisasikan program yang sudah resmi diteken sebagai payung ikatan kerjasama antar lembaga pendidikan. Karena di SMK ini, memiliki jurusan Teknik Komputer-Jaringan dan Multimedia,” sebutnya.

Sementara itu, mewakili Pimpinan UNIKI, Wakil Rektor III UNIKI, Drs Win Konadi MSi, sangat mengapresiasi keinginan kedua lembaga melakukan sinergisitas pengembangan SDM, pendidikan dan pelatihan tersebut.

Dihadapan pimpinan SMK, Konadi mengucapkan terimakasih, juga mengharapkan kedua pihak dapat membagi pengalaman dalam mengembangkan pendidikan vokasi dan akademik di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Hal senada juga disampaikan Kepala Sekolah SMKS Ulumuddin, El Obit Jumadil, phaknya sudah mendengar UNIKI memiliki keunggulan dan pavoritnya kaum melenial sekarang ini pada program studi Informatika.

“Saya yakin, dengan pengalaman hampir 21 tahun keberadaan Prodi Informatika, yang dulunya dibawah STMIK Lhokseumawe dan sekarang bergabung dilembaga UNIKI ini, telah banyak menghasilkan para sarjana dan ahli madya yang kompeten. Ini kesempatan baik bisa berguru ke kampus di Bireuen tersebut,” pungkas Obit.

Amatan media, dalam kunjungan kali ini, pihak UNIKI langsung melakukan tiga kegiatan sekaligus, yakni penandatangan MoU dan MoA, Visiting Lecture dengan pemberian pelatihan kepada siswa, serta kegiatan pendataan yang berminat melanjutkan kuliah pada program studi Informatika UNIKI. (akh)