Imam Masjid Ikut Pelatihan Tahsin Quran

Bupati Abdya Akmal Ibrahim saat memberikan arahan sekaligus membuka kegiatan pelatihan tahsin quran, Selasa (21/9). RAHMAT/RAKYAT ACEH

BLANGPIDIE (RA) – Pemerintah Kabupaten Abdya melalui Dinas Syariat Islam (DSI) mengadakan pelatihan tahsin Alquran kepada imam masjid gampong se Kabupaten Abdya.
Pelatihan yang dipusatkan di Masjid Agung Abdya, berlangsung selama 10 hari berturu-turut dan dibagi dalam 10 kelompok yang dimulai sejak Selasa-Kamis (21-30/9) nanti. Hari pertama dimulai, dibuka secara resmi oleh Bupati Akmal Ibrahim.

Dalam arahanya Bupati menyambut baik program tersebut. Namun ditegaskan kepada para imam masjid gampong itu agar terus disempurnakan cara membaca Al-Fatihah seperti makhraj dan tajwid-nya.

“Kenapa Al-Fatihah saja yang tekankan yang dijalankan oleh Dinas Syariat Islam karena Al-Fatihah adalah bagian rukun shlat. Jika kesalahan Al-Fatihah, itu pasti tidak sempurna salat kita, diterima atau tidaknya salat kita, itu Allah yang menilai,” katanya.

Oleh sebab itu katanya, kegiatan tahsin ini maknanya memperbaiki bacaan agar sempurna. “Nah, selagi masih ada waktu untuk kita belajar memperbaiki maka gunakan waktu itu, jika kita tidak mau belajar itu tergolong orang yang sombong,” sebutnya.

Disamping salatnya sempurna katanya, juga ada kewajiban sang imam untuk menjaga makmumnya untuk mendapatkan yang terbaik. “Jangan tanggung-tanggung untuk memperbaiki baik untuk dunia apalagi untuk akhirat,” ujarnya.

Disebutkan, masyarakat Abdya sudah menggaungkan Abdya sebagai Kota Qurani. Disamping sudah banyak melahirkan tempat-tempat belajar yang bagus seperti Baitul Qura, SDIT dan SMPIT yang menandakan sudah ada suatu kemajuan.

Bahkan lanjutnya, beberapa anak Abdya ini sudah menghafal Alquran. Bahkan ada yang sudah mengambil qiraat sampai ke Rasulullah. “Didik generasi kita agar lebih baik lagi,” tegasnya. (mat/bai)