Stok Darah Minim, BPS Lhokseumawe Bantu Donor Darah

SAKSIKAN- Kepala BPS Kota Lhokseumawe, Ir Hamdani, MSM, didampingi Kepala Sub Bag Umum BPS setempat, Iqbal Firdaus, M. App.Ec, menyaksikan peserta donor yang mendonorkan darahnya, Rabu (22/9). ARMIADI/RAKYAT ACEH.

LHOKSEUMAWE (RA) – Untuk membantu stok darah, Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Lhokseumawe, mengadakan donor darah massal di halaman kantor BPS setempat pada Rabu (22/9). Kegiatan donor darah itu juga sekaligus memeriahkan Hari Statistik Nasional (HSN) tahun 2021.

“Selama ini kebutuhan darah sangat tinggi, tapi stok darah di Unit Donor Darah PMI Aceh Utara sangat minim. Atas dasar itulah kita mengadakan donor darah massal untuk membantu stok darah,”ucap Kepala BPS Kota Lhokseumawe, Ir Hamdani, MSM, didampingi Kepala Sub Bag Umum BPS setempat, Iqbal Firdaus, M. App.Ec, kepada Rakyat Aceh, Rabu (22/9).

Ia mengatakan, donor darah ini dikhususkan kepada pegawai dan keluarga besar BPS Kota Lhokseumawe serta masyarakat sekitar. “Alhamdulillah, dari tadi pagi hingga siang hari terkumpul 54 kantong darah dan ada sebagian peserta donor tidak dapat mendonorkan darahnya, karena persoalan kesehatan,”katanya.

Disebutkan, donor darah ini digelar juga untuk menumbuhkan rasa kasih sayang antar pegawai, keluarga besar BPS Kota Lhokseumawe, dan masyarakat sekitar. “ Donor darah ini merupakan program rutin yang dilaksanakan oleh BPS Kota Lhokseumawe bekerjasama dengan UDD PMI Aceh Utara,”ungkapnya.

Selain itu, lanjut Hamdani, dalam kegiatan donor darah, pihaknya juga melakukan sosialisasi tentang pelayanan BPS dengan menyediakan sejumlah buku tentang kinerja BPS. “Jadi peserta donor darah dari masyarakat lingkungan BPS yang hadir, sambil antrian bisa membaca buku-buku BPS yang kami sediakan,”ujarnya.

Sementara itu, Humas UDD PMI Aceh Utara, Dr Fauzi Abubakar menyampaikan, stok darah yang dimiliki pihaknya saat ini hanya 39 kantong darah pada Rabu pagi. Namun, saat siang dan sore hari ada stok darah yang kosong karena kebutuhan pasien. Sedangkan, donor darah yang dilakukan bersama BPS Kota Lhokseumawe berhasil terkumpul 54 kantong darah. (arm/icm)