Persipura vs Persiraja: Duel Nusantara

Harianrakyataceh.com – Pekan ke-4 lanjutan Liga 1 menghadirkan duel menarik antara Persipura versus Persiraja. Pertemuan kedua tim ini bertajuk tarung ujung ke ujung Indonesia, atau duel Nusantara. Mutiara Hitam yang sedang mengincar kemenangan perdana, akan diladeni Laskar Rencong di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jumat (24/9).

Khusus bagi Persiraja, pertandingan ini sangat penting sebagai obat penyembuh luka, setelah meraih hasil minor, kalah telak dari PSIS Semarang 3-1 pada pekan lalu. Pelatih Persiraja, Hendri Susilo mengatakan, anak asuhnya semua dalam kondisi siap tempur. Sejumlah persiapan telah dilakukan, termasuk mengevaluasi kekurangan tim di pekan lalu.

“Kita telah melakukan sejumlah persiapan, mengevaluasi kekurangan di pertandingan sebelumnya,” kata Hendri. Ia mengakui, hasil kurang memuaskan atas PSIS cukup berdampak. Bukan soal skor semata, tetapi performa M Isa, Vanja Markovic, Subhan Fajri dkk tak seperti biasanya.

Namun Hendri sudah menginstruksikan kepada para pemain untuk fokus dan melupakan hasil tersebut. Menghadapi Persipura, Persiraja optimis bisa merebut poin.

“Kita sudah memperbaiki psikis, mentality, termasuk kekurangan permainan. Artinya tidak ada masalah. Kita sepakat, insya Allah besok kita dapat poin,” tuturnya. Pelatih kelahiran Bukittinggi itu, kembali akan melakukan sejumlah perubahan untuk 11 pertama.

Salah satu posisi yang paling mencolok adalah penjaga gawang. Fakhrurrazi Kuba yang selama ini menjadi pilihan utama, sedang tidak dalam performa terbaiknya. Menanggapi hal itu, Hendri mengaku sedang menimbang-nimbang siapa yang akan diturunkan.
“Sampai saat ini belum saya putuskan. Tidak tertutup kemungkinan saya rotasi. Nanti akan saya putuskan setelah latihan terakhir,” beber Hendri.

Saat ini, ada dua kiper lain yang siap unjuk kebolehan. Aji Bayu tampil cukup baik saat dipercayakan tampil di Piala Menpora dulunya. Jika kesempatan itu datang, ini menjadi pembuktian bagi kiper asal Brebes tersebut. Satu nama lagi ada Rolas Divaio, kiper muda asal Kota Langsa itu, juga siap untuk melakoni debut profesionalnya.

Di luar itu semua, Persiraja khawatir dengan kebangkitan penggawa Persipura yang punya motivasi meraih kemenangan perdana. Anak asuh Jakson F Thiago itu, sedang menunjukkan tren perbaikan, setelah kalah di dua pertandingan awal, mereka berhasil menahan imbang 2-2 Persija Jakarta.

“Itu yang saya wanti-wanti. Tapi ini sepakbola, semua bisa terjadi. Insya Allah skenario yang kita harapkan akan jalan,” pungkas Hendri Susilo. (icm/rif)