Socfindo Seumanyam Jalin Kemitraan dengan Tani Sawit

Foto bersama PT Socfindo dengan kelompok tani Gampong Pulo Teungoh, Kecamatan Darul Makmur, Nagan Raya, Jumat (24/09). IST/RAKYAT ACEH

SUKA MAKMUE (RA) – PT Socfindo perkebunan Seumayam terus menjalin kemitraan dengan 317 orang petani perkebunan sawit rakyat yang tergabung dalam tujuh kelompok tani sawit rakyat.

Camat Darul Makmur, Tawaruddin SSos didampingi oleh Manager PT Socfindo Seumanyam, H Ricky Irawan bersama dengan Askep, H Dwi Hendro dan seluruh asisten afdeling, ketua kelompok tani “Sejahtera Bersama” beserta seluruh anggotanya saat mengunjungi pekerjaan pembuatan jalan baru sekaligus pembuatan parit baru di lokasi areal kelompok tani Gampong Pulo Teungoh.

Pada kesempatan tersebut juga terlihat hadir tim verifikasi pekerjaan kemitraan dari tim Dinas Perkebunan Nagan Raya yang terdiri dari 12 orang (Kabid, 2 Kasie Pengawasan dan 9 Staf Disbun) yang dipimpin, Jalian SP.

Pj Keuchik Pulo Teungoh, Zumri, sangat berterima kasih dengan adanya kemitraan kelompok Pulo Tengoh “Sejahtera Bersama” dari PT Socfindo Seumanyam, sehingga tanaman sawit warga yang selama ini tergenang air dan tidak adanya akses jalan sekarang sudah dibuatkan parit dan akses jalan yang bagus dengan memakai ekscavator Socfindo Seumanyam.

Manager PT Socfindo Seumanyam, H Ricky Irawan menjelaskan, pihaknya mengharapkan dengan kemitraan ini hasil produksi petani sawit rakyat akan dapat meningkat karena pokok sawit semakin sehat dan hijau. Karena sudah tidak tergenang lagi dan akses jalan untuk mengangkut hasil panen juga sudah tersedia. “Inilah salah satu manfaat dari kemitraan dengan kelompok tani sawit rakyat,” terang Ricky Irawan, Jumat (24/9).

Selain itu, katanya, juga dilakukan pelatihan best management practice, yaitu pelatihan praktik manajemen terbaik untuk pengelolaan kebun kelapa sawit.
Ricky Irawan mengatakan pada saat ini yang telah menjadi mitra PT Socfindo diantaranya, Desa Panton Bayu dengan nama kelompok Maju Tani anggota sebanyak 23 orang, Desa Ujung Tanjung kelompok Makmur Beusare sebanyak 77 orang, Desa Sido Jadi kelompok Sido Muncul sebanyak 29 orang.

Selanjutnya, Desa Pulo Teungoh nama kelompok Sejahtera Bersama anggota sebanyak 14 orang, Desa Serbaguna nama kelompok Ingin Maju anggota sebanyak 41 orang, Desa Suka Jadi nama kelompok Harapan Tani anggota sebanyak 37 orang dan terakhir, Desa Suak Palembang dengan nama kelompok Tani Sejahtera anggota sebanyak 99 orang.

Kabid Program, Penyuluhan dan Pengawasan Dinas Perkebunan Nagan Raya, Jalian SP menambahkan, kehadiran pihaknya guna melakukan verifikasi dan kunjungan lapangan terhadap MoU kemitraan PT Socfindo Seumayam yang telah dilaksanakan selama ini.
“Tugas kita mengecek lokasi dan titik koordinat lokasi areal sawit rakyat yang telah menjadi mitra PT Socfindo Seumanyam. Pemeriksaan realisasi dan efektifitas MoU, melaksanakan pertemuan dengan para pihak terkait MoU,” terang Jalian SP.

Tak hanya itu, Camat Darul Makmur, Tawaruddin menyatakan, dalam beberapa hari ini ia telah meninjau langsung pekerjaan kemitraan PT Socfindo Seumanyam di dua gampong yaitu Gampong Ujong Tanjong dan Gampong Suka Mulia.

Menurut orang nomor satu di Darul Makmur itu, pekerjaan pembuatan parit dan pembuatan akses jalan akan sangat membantu para petani sawit rakyat terutama di lokasi lokasi tergenang air dan sulitnya akses jalan masuk maupun keluar. “Semoga kemitraan seperti ini terus berlanjut karena sangat bermanfaat bagi petani-petani sawit kecil,” katanya. (mag89/bai)