Vaksinasi Siswi SMK Lhokseumawe Sesuai SOP

Kapolres Lhokseumawe bersama Dandim 0103/Aceh Utara saat berbincang dengan Aji Usman ayah dari Khana Darasa Naswa yang dirawat di RSU Bunga Melati Lhokseumawe Kamis kemarin. FOR RAKYAT ACEH.

BANDA ACEH (RA) – Kepolisian menganggap vaksinasi yang dilakukan terhadap siswi SMK Lhokseumawe Khana Darasa Naswa (16), sudah sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku.

Hal ini dikatakan Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol. Winardy, setelah, pihaknya melalui Polres Lhokseumawe melihat langsung kondisi terkini dari Siswi Khana Darasa Naswa (16), yang tumbang setelah menerima vaksin Covid-19 di SMK N 1 Lhokseumawe.

Berdasarkan keterangan dokter, kata Winardy, kondisi terakhir Siswi Khana Darasa Naswa baik-baik saja, namun masih perlu waktu untuk istirahat. Yang bersangkutan diketahui hanya merasa syok/ takut (Sikosomatik).

Menurutnya, terkait kejadian tersebut, ada beberapa fakta yang tidak bisa kita nafikan, sehingga tidak menimbulkan keresahan di tengah masyarakat untuk menerima vaksin.
Winardy menjelaskan, sebelum divaksin Khana Darasa Naswa sudah terlebih dahulu dilakukan skrining dan tensi, yang hasilnya normal-normal saja.

Hal tersebut merupakan mekanisme yang tetap dilakukan oleh vaksinator kepada semua orang yang akan divaksin.

Kemudian setelah menerima vaksin, Siswi Khana Darasa Naswa juga diobservasi selama 30-40 menit, untuk mengetahui efek yang ditimbulkan. Namun saat itu, yang bersangkutan baik-baik saja.

“Saat di skrining, yang bersangkutan sudah ditanyakan oleh petugas tentang kondisi dan riwayat penyakit. Kemudian setelah vaksin juga ada dilakukan observasi. Saya rasa, vaksinator sudah bekerja sesuai dengan SOP,” sebut Winardy, dalam keterangannya, Jumat (24/9).

Kesehatan Khana Darasa Naswa Membaik
Sementara kondisi terkini Khana Darasa Naswa (15) siswi Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Lhokseumawe, yang dirawat di Rumah Sakit Umum Bunga Melati, Lhokseumawe, kesehatannya mulai membaik.

Ia dibawa ke Rumah Sakit Umum Bunga Melati, usai disuntik vaksin Covid-19 di sekolahnya pada Rabu (22/9) yang mengalami mual, pusing, serta lemas.
“Hari ini, kondisi kesehatan anak saya sudah mulai membaik dan sanggup berbicara. Selang oksigen juga sudah mulai dilepas yang sebelumnya sempat dipasang karena mengalami sesak napas,” ungkap Aji Usman ayah Khana Darasa Naswa, dikonfirmasi Rakyat Aceh kemarin.

Ia mengatakan, sejauh ini anaknya masih di rawat di Rumah Sakit Umum Bunga Melati dengan menggunakan BPJS Kesehatan. “Kami belum tau kapan dibolehkan pulang oleh dokter, karena kondisi kesehatannya masih lemas. Untuk berjalan ke kamar mandi saja harus kita papah dari tempat tidur,” katanya.

Selain itu, Aji Usman yang juga Geuchik Blang Weu Panjoe Kecamatan Blang Mangat ini menyampaikan, tetap menempuh jalur hukum atas kejadian yang menimpa anaknya usai divaksin oleh pihak sekolah.

“Kami masih menunggu kondisi kesehatan Naswa normal kembali seperti biasa dan baru kita laporkan kepada pihak penegak hukum, apakah langsung ke Polda Aceh atau ke Polres Lhokseumawe,” ungkapnya.

Menurut dia, laporan itu perlu dilakukan supaya tim medis dilapangan yang bertugas sebagai vaksinator lebih mengutamakan kesehatan orang yang divaksin. Diharapkan, kedepannya kejadian yang menimpa anaknya usai divaksin harus dirawat di rumah sakit tidak terulang lagi bagi masyarakat lainnya di Lhokseumawe. (ril/arm/min)