Dispora Aceh Gelar Turnaman Futsal Antar Pelajar Pidie dan Pidie Jaya

Meureudu (RA) – Sebanyak 16 tim  tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat di Kabupaten Pidie dan Pidie mengikuti turnamen futsal, mulai tanggal 28 September hingga 5 Oktober 2021. Turnamen futsal tingkat pelajar tersebut memperebutkan total hadiah Rp 50 juta.

Kegiatan turnamen futsal tingkat SMA sederajat yang diselanggarakan Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Aceh itu dipusatkan di Lapangan futsal Cot Trieng, Kecamatan Meureudu. Sebagai laga pembuka, tim dari SMAN 2 Meurudu berhadapan dengan tim SMA Unggul Pidie Jaya.

Penyelenggaraan turnamen futsal tersebut juga atas pikiran dari Ketua DPRA, Dahlan Jamaluddin, yang berkeingan supaya muncul bibit-bibit pemain futsal yang bertalenta di dua kabupaten, yang juga merupakan asal daerah pemilihannya.

Pembukaan turnamen futsal tingkat SMA sederajat Pidie dan Pidie Jaya itu, dari Dispora Aceh diwakili oleh T. Hermasyah. Dia mengatakan, bahwa turnamen futsal yang mempertemukan antar pelajar di dua kabupaten tersebut pertama dilakukan.

Dan jika ini sukses, kata dia, tahun depan dan tahun-tahun berikutnya tidak tertutup kemungkinan untuk terus diselengggarakan.

” Turnamen antar pelajar sekolah-sekolah di dua kabupaten pertama dilakukan. Dari turnamen ini diharapkan melahirkan bibit atlit futsal yang bertalenta, sehingga tahun-tahun kedepan dapat terus diselenggarakan kegiatan serupa,”ujar dia.

Sementara Kadisporapar Pidie Jaya, Saifuddin, S.Pd yang mewakili Bupati setempat menyebutkan, setiap tim yang berlaga dalam turnamen futsal antar pelajar itu untuk menjunjung tinggi sportivitas.

Kata dia, jangan karena total hadiah yang diperebutkan cukup besar yakni Rp 50 juta, fairplay dalam setiap pertandingan diabaikan. Sebab sebutnya, hadiah tersebut hanyalah sebagai motivasi saja untuk menumbuhkan semangat dalam bertanding.

“Jangan ansih kepada hadiah saja. Tapi kualitas pertandingan dan permainan harus ditunjukan,” tutur Saifuddin.

Lanjutnya, kegiatan turnamen futsal tersebut merupakan usulan dari Ketua DPRA, Dahlan Jamaluddin. Sebab kata Saifuddin, Ketua DPRA memiliki atensi serius terhadap dunia olah raga Aceh.

” Pak Dahlan titip salam untuk seluruh tim dan adik-adik pelajar semua,” tukas dia.

Pada pertandingan pembuka antara SMAN 2 Meureudu versus SMA Unggul Pidie Jaya, pertandingan dimenangkan oleh tim SMA unggul dalam drama adu pinalti. Saat pertandingan normal, tim bermain imbang dengan skor 1-1  alias draw.

Sehingga saat adu pinalti, tim Futsal SMAN 2 Meureudu kebobolan dua gol dan kiper tim SMA Unggul Pidie Jaya dapat menghadang dua tendang dari tim SMAN 2 Meureudu, sehingga skornya menjadi 3-1.