Jalan di Keude Geurugok Rusak Parah, Terkesan Luput dari Perhatian Pemerintah

Kondisi jalan rusak parah di Kota Geurugok tepatnya disamping Masjid Taqwa Gandapura, Kabupaten Bireuen, Selasa (29/9). AKHYAR RIZKI RAKYAT ACEH

HARIANRAKYATACEH.COM – Sejumlah ruas jalan kabupaten di Kecamatan Gandapura, mengalami kerusakan sejak lima tahun terakhir.

Amatan Rakyat Aceh Selasa (28/9) sekira pukul 13.30 WIB, ruas jalan penghubung antar gampong, mulai dari samping Masjid Taqwa Keude Geurugok, Desa Keude Lapang, hingga tembus menuju ke Desa Cot Teube, mengalami rusak parah.

Hampir sepanjang ruas jalan rusak dan berlobang, sehingga sangat membahayakan pengendara roda dua maupun roda empat.

Seorang warga Gampong Keude Lapang, Zulfan, kepada Rakyat Aceh mengatakan, sudah sepatutnya diperbaiki, mengingat kondisi sejumlah ruas jalan rusak parah dan sangat memprihatinkan.

Disebutkan, kerusakan hampir merata mulai dari Simpang Empat Keude Geurugok hingga menuju ke sejumlah desa arah selatan.

“Banyak warga yang mengeluh dengan kondisi jalan seperti ini. Padahal, jalan tersebut merupakan jalan penghubung antar desa di Kecamatan Gandapura. Jika tak kunjung diperbaiki, dikhawatirkan akan banyak memakan korban jiwa,” ujar Zulfan yang juga salah seorang aparatur desa setempat.

Ia meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bireuen melalui dinas terkait, agar secepatnya ditinjau dan diperbaiki, sebelum terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan.

“Jika kondisi jalan rusak parah dan dibiarkan begitu saja, kesannya dinas terkait tidak perhatian dan tidak peduli atas keselamatan masyarakat Gandapura. Padahal menurut informasi yang didapat, jalan tersebut menjadi usulan prioritas utama dalam pembahasan Musrenbang kecamatan,” pungkasnya.

Sementara itu, Pemkab Bireuen melalui Kepala Dinas PUPR, Fadhli Amir ST mengaku, tahun ini tidak ada plot anggaran untuk perbaikan jalan tersebut. Namun pihaknya akan berusaha menganggarkan ditahun 2022.

“Jalan tersebut bukan prioritas utama pada Musrenbang Kecamatan Gandapura. Namun, kami akan berusaha mencari anggaran untuk perbaikan jalan tersebut di tahun depan,” sebutnya singkat via seluler. (akh)