Polisi Tangkap Empat Pencuri Tablet

Waka Polres Abdya saat menjelaskan kronologis pencurian tablet advan dalam konferensi pers, Senin (27/9). RAHMAT/RAKYAT ACEH

BLANGPIDIE (RA) – Jajaran Polres Abdya berhasil menangkap tiga orang anggota komplotan pencuri sejumlah tablet advan milik sekolah SMA Negeri 1 Abdya, di Desa Kuta Tinggi, Kecamatan Blangpidie. “Kami berhasil amankan tiga pelaku utama atau pemetik warga Kuta Tinggi, kemudian 1 orang penadah warga Susoh,” kata Waka Polres Abdya, Kompol Muhayat Efendi dalam konferensi pers, Senin (27/9).

Muhayat mengatakan, aksi pencurian oleh tiga remaja di SMA Negeri 1 Abdya tersebut akibat kecanduan chip judi aplikasi high domino, sehingga nekat melakukan aksi pencurian pada hari Senin tanggal 9 Maret 2021. “Penangkapan pelaku terkait berdasarkan LP dari Polsek Blangpidie dengan pemberatan kronologis kejadian tanggal 9 Maret 2021 sekira pukul 15.00 WIB di lokasi SMA Negeri 1 Abdya,” kata Waka Polres.

Dijelaskan, tablet advan milik sekolah untuk belajar siswa dan siswi itu berjumlah 11 unit. Namun yang sudah berhasil diamankan sebanyak 7 unit. “Empat unit lagi masih dalam lidik,” katanya.

Kejadian pencurian tersebut baru di ketahui oleh pihak SMAN 1 Abdya bermula pada saat salah satu guru hendak mengecek bahan untuk kebutuhan belajar siswa di ruang tempat penyimpanan ATK yang melihat pintu ruang tempat penyimpanan itu dalam keadaan terbuka dan pintu lemari tempat penyimpanan tablet merk advan juga sudah dalam keadaan terbuka akibat di rusak oleh pelaku.

Adapun inisial pelaku utama yakni HM (25) tahun, AR (24) tahun dan AL (18) tahun. Ketiganya warga Desa Kuta Tinggi, Kecamatan Blangpidie serta satu orang penadah yakni IS (33) warga Susoh. Kepada pelaku dijerat pasal 363 ayat 2 KUHPidana dengan ancaman hukuman penjara paling lama sembilan tahun.

Disisi lain, Waka Polres Abdya mengimbau kepada sekolah agar harus ada penjaga sekolah yang aktif agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. “Karena disekolah itu banyak barang-barang yang berharga,” imbaunya. (mat/bai).