Santri Pasantren Almuslim Peusangan Wakili Aceh ke Tingkat Nasional

Nisa Zahara (17), seorang santri di Pasantren Terpadu Almuslim Peusangan, yang berhasil mewakili Provinsi Aceh mengikuti KSM Tingkat Nasional. AKHYAR RIZKI RAKYAT ACEH

HARIANRAKYATACEH.COM – Nisa Zahara (17), seorang santri di Pasantren Terpadu Almuslim, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen, akan mewakili Aceh pada ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat nasional tahun 2021.

Kepastian itu didapat setelah Nisa menjadi juara pertama pada ajang KSM tingkat Provinsi Aceh pada 25 September lalu.

Informasi ini disampaikan oleh Wakil Direktur Pasantren Almuslim, Ustad Holis Wahyu, saat disambangi Rakyat Aceh di Ruang kerjanya, Senin (27/9) sore.

Disebutkan, putri kelahiran Desa Tingkeum Manyang, Kecamatan Kutablang ini, merupakan satu-satunya perwakilan dari Kabupaten Bireuen yang lolos ke tingkat nasional.

Selain mahir ilmu agama, katanya, santri satu ini terbukti mampu menguasai ilmu sains, dengan capaian yang diperolehnya pada ajang KSM tersebut.

“Nisa bin Zulkifli akan mewakili Aceh ke nasional pada bidang studi Biologi Terintegrasi tingkat SMA dan sederajat. Kompetisi ini dijadwalkan akan berlangsung pada 23 Oktober 2021 mendatang,” ujarnya.

Peserta yang lolos ke tingkat nasional, sebutnya, merupakan juara pertama di kancah kabupaten dan provinsi. Sementara di tingkat nasional nanti, wakil Aceh akan bersaing dengan utusan dari provinsi lain di seluruh Indonesia.

“Kami mohon dukungan dan doa dari segenap keluarga besar Pasantren dan masyarakat Aceh, supaya santri Almuslim Bireuen bisa meraih prestasi terbaik di kompetisi tingkat nasional nanti,” harapnya.

Sebelumnya, kompetisi di tingkat provinsi Aceh, Pasantren Terpadu Almuslim berhasil mengirimkan dua peserta perwakilan Bireuen, setelah berhasil meraih juara I di tingkat kabupaten. Kedua santri tersebut yaitu Rizki Azkia (MTSS Almuslim), yang mengikuti bidang studi Matematika Terintegrasi dan Nisa Zahara (MAS Almuslim) pada bidang studi Biologi Terintegrasi.

“Rasa syukur dan ucapan terimakasih kepada santri yang sudah mengharumkan nama baik pasantren Almuslim. Mereka sudah bersusah payah berjuang dari tingkat sekolah, kabupaten dan provinsi. Semoga kedepan, para santri dapat mengukir kembali prestasi gemilang seperti ini,” harap Holis. (akh)