Tingkatkan Kontrol Sosial Pengelolaan Dana Desa, Bupati Launching Sigiwang Nara

Launching Aplikasi Sigiwang Nara. Foto Arifin

HARIANRAKYATACEH.COM, SUKA MAKMUE – Tingkatkan kontrol sosial dalam pengelolaan dana desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMGP4) Kabupaten Nagan Raya ciptakan aplikasi sistem informasi pengawasan pengelolaan keuangan Kampung secara partisipatif (Sigiwang Nara), Selasa, (28/9).

Hal itu merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan pelayanan di bidang pemberdayaan masyarakat dengan menerapkan informasi publik, semakin besar harapan masyarakat dalam melakukan pengawasan pengelolaan keuangan dan fungsi transparan dan partisipatif secara berkelanjutan.

“Dengan adanya aplikasi ini kami berharap agar tidak ada lagi saling mencurigai antara Keuchik, Tuha Peut dan masyarakat karena seluruh komponen masyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi tentang penggunaan anggaran gampong bisa cek melalui handphone masing masing,” kata HM Jamin Idham, SE dalam sambutannya.

Menurut Bupati, Sebagian Masyarakat khususnya level menengah kebawah masih merasa ketertinggalan terhadap pengelolaan keuangan gampong mulai dari hal-hal terkecil ketika masyarakat ingin mendapatkan informasi, memilih datang ke orang lain yang awam dan memperoleh informasi dari mulut ke mulut namun sekarang informasi yang akurat dan lengkap seputar informasi keuangan gampong sudah dapat diakses melalui aplikasi sigiwang Nara.

Butuh kerja keras dan sosialisasi yang cepat kepada masyarakat bahwa transparansi pengelolaan keuangan gampong sudah sangat terbuka ibaratnya rumah kaca yang didalamnya memperlihatkan cara kerja yang transparan tidak memihak dan tidak mudah diintervensi dengan mengedepankan prinsip kesetaraan terlebih lagi dengan diterapkan aplikasi sistem online.

“Kami ucapkan apresiasi dan dukungan kepada jajaran DPMGP4 yang telah membuat aplikasi sigiwang Nara ini mudah-mudahan dengan adanya aplikasi ini dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Nagan Raya yang kita cintai ini,” tambah Bupati.

Pada kesempatan itu Bupati Nagan Raya kembali berpesan kepada para Camat untuk fokus menyukseskan Pilchiksung tanggal 9 Desember 2021 di Kabupaten Nagan Raya para Camat harus serius mengawasi tahapan Pilchiksung serentak yang dilaksanakan oleh panitia pemilihan keuchik masing masing dapat berlangsung secara demokratis luber jujur dan adil.

Sementara Kajari Nagan Raya, Dudi Mulyakusumah, SH.,MH turut mengapresiasi atas dilaunchingnya aplikasi sigiwang Nara, ia berharap semoga bisa terus saling melengkapi dalam hal pengawasan penggunaan anggaran dana desa.

Kadis DPMGP4, Rahmatullah, S.STP.,M.Si menyampaikan hal itu merupakan menyahuti beberapa keluhan/permasalahan terkait pengelolaan DD yang disampaikan baik dari kalangan Tuha Peut, Masyarakat dan LSM yang bergerak dibidang kontrol sosial tersebut. (mag89)