Anggota DPRA Bantu 3.400 Bibit Jeruk Madu Siam

Anggota DPRA Darwati A Gani menyalurkan bantuan bibit durian dan jeruk kepada kelompok tani di Aceh Tamiang, Rabu (29/9). IST/RAKYATACEH.COM

HARIANRAKYATACEH.COM – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Darwati A Gani, Rabu (29/9) malam menyalurkan bantuan sebanyak 3.400 bibit jeruk madu siam kepada kelompok tani (Koptan) di Kabupaten Aceh Tamiang. Selain jeruk madu, ada juga bibit durian sebanyak 2.000.

Darwati A Gani mengatakan bantuan bibit diserahkan secara simbolis oleh Darwati kepada perwakilan kelompok tani di Kampung Alur Tani 1, Kecamatan Tamiang Hulu, Aceh Tamiang. Selanjutnya bibit pohon buah-buahan tersebut akan disebar di sejumlah kecamatan wilayah hulu.

“Jumlah kelompok tani yang menerima bantuan bibit sebanyak delapan kelompok. Tiga kelompok menerima bibit durian dan lima kelompok lagi terima bibit jeruk madu siam,” jelas Darwati.

Politikus PNA ini menuturkan bantuan tersebut merupakan aspirasinya di luar Dapil berupa 5.400 2.000 bibit jeruk dan durian sesuai usulan yang diajukan petani di Aceh Tamiang.

“Selain di Aceh Tamiang, kami juga salurkan bantuan yang sama (bibit) ke daerah Lokop, Aceh Tamiang,” kata dia.

Darwati A Gani didampingi pengurus DPW PNA Aceh Tamiang menyatakan bantuan ke Aceh Tamiang berawal dari usulan petani yang ingin fokus mengembangkan komoditas durian dan jeruk madu. Ia berharap bantuan ini bisa menjadikan Aceh Tamiang sentra penghasil buah-buahan durian dan jeruk.

“Meski Aceh Tamiang bukan daerah pemilihan saya pada Pileg 2019, namun bukan berarti tidak diperhatikan oleh program-program aspirasi,” ungkapnya.

Istri mantan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf ini berpesan kepada petani agar pohon durian dirawat supaya ada kebun durian yang produktif bisa menambah penghasilan masyarakat di masa pandemi Covid-19 saat ini.

“Terutama dikembangkan di objek-objek pariwisata supaya menjadi daya tarik tersendiri bagi pengujung berekowisata buah-buahan di Aceh Tamiang,” pungkas Darwati A Gani. (mag-86)