23 Gampong dan Kecamatan Indra Jaya Dideklarasikan sebagai ODF

CALANG – Sebanyak 23 Gampong (desa) di Kabupaten Aceh Jaya dideklarasikan sebagai daerah Open Defacation Free (ODF) atau bebas dari perilaku Buang Air Besar sembarangan (BABS). Selasa 12 Oktober 2021.

Ke-23 desa tersebut yaitu, Desa Cinangprong, Keude Unga, Kareung Ateh, Meudang Ghon, Ujong Muloh, Kuala, Teumareum, Jangeut, Alue Mie, Babah Dua, Meunasah Tutong, Meunasah Tengoh, Meunasah Rayeuk, dan Mukhan kecamatan Indra Jaya.

Desa Babah Krueng, Lam Tui, Lheut, Meunasah Weuh, Nusa dan Pante Keutapang kecamatan Jaya.

Selanjutnya, Desa Cot Punti Kecamatan Sampoiniet, Tepin Asam dan Blang Dalam kecamatan Darul Hikmah.

Deklarasi tersebut dipusatkan di Puskesmas Indra Jaya dan dihadiri Sekda Aceh Jaya, Mustafa, Dinas Kesehatan Provinsi Aceh, Baitul Mal Aceh, Unicef Aceh, Plt Kadis Kesehatan Aceh Jaya, Kepala SKPK, dan Para Camat.

Sekda Aceh Jaya Mustafa menyampaikan, berdasarkan data Dinas kesehatan kabupaten Aceh Jaya, jumlah kasus diare pada tahun 2017 sebanyak 2.610 kasus.

” Itu artinya setiap hari ada 7 orang masyarakat Aceh Jaya menderita diare,” kata Sekda.

Sekda mengungkapkan, pemerintah Aceh Jaya memiliki komitmen besar dalam dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, sehingga isu kesehatan ditempatkan dalam misi pertama “Gerbang Raja Sejati” Bupati dan Wakil Bupati Aceh Jaya periode 2017 -2022.

” Bupati Aceh Jaya menampatkan isu kesehatan dalam misi pertamanya dan mengeluarkan Qanun Nomor 5 tahun 2015 tentang STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat). Kami berharap aturan itu sebagai salah satu faktor pendukung dalam peningkatan sanitasi di gampong-gampong,” tambahnya.

Selain itu, kata sekda, Bupati Aceh Jaya T Irfan TB juga mengintruksikan seluruh camat agar membangun koordinasi yang baik dengan seluruh masyarakat dan kepala desa (keuchik) merubah perilaku masyarakat untuk tidak BAB sembarangan.

Berdasarkan data dari Dinkes Aceh Jaya, angka stunting di kabupaten tersebut mengalami penurunan dari 25.5 persen menjadi 10,93 persen di tahun 2021 ini.

” Hal ini menunjukan bahwa kesadaran hidup bersih dan sehat masyarakat di kecamatan Indra Jaya telah tumbuh, dan Deklarasi ini juga sebagai contoh dan motivasi bagi gampong-gampong yang lain di Aceh Jaya agar dapat melakukan hal serupa.” pungkasnya.

Pantau dilokasi, sekda Mustafa dan Ketua Tim Penggerak PKK Aceh Jaya Ernani Wijaya menyerahkan piagam penghargaan kepada kepala desa yang dideklarasikan sebagai desa ODF, dan Unicef Aceh juga menyerahkan plakat kepada Pemerintah Aceh Jaya dan diterima langsung oleh Sekda Mustafa.(ril/hen)