Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

LASKAR RENCONG · 13 Oct 2021 06:17 WIB ·

Dahsyat! Aceh Lewati Prestasi PON Jabar 2016


 Kontingen Aceh di PON XX Papua 2021 melakukan foto bersama usai pengalungan medali untuk atlet Tarung Derajat, Ketua Umum KONI Aceh, Muzakir Manaf (tengah) hadir langsung ke venue Tarung Derajat di GSG Eme Neme Yauware, Mimika, Papua, Selasa (12/10).
ARIFUL USMAN/RAKYAT ACEH Perbesar

Kontingen Aceh di PON XX Papua 2021 melakukan foto bersama usai pengalungan medali untuk atlet Tarung Derajat, Ketua Umum KONI Aceh, Muzakir Manaf (tengah) hadir langsung ke venue Tarung Derajat di GSG Eme Neme Yauware, Mimika, Papua, Selasa (12/10). ARIFUL USMAN/RAKYAT ACEH

Harianrakyataceh.com – Kontingen Aceh di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 pecah rekor, Aceh mampu melewati prestasi PON saat di Jawa Barat yang merupakan prestasi terbaik Aceh sebelumnya, saat itu Tanah Rencong meraih 8 medali emas, 7 perak, dan 9 perunggu.

Tahun ini, di ajang multi event empat tahunan tersebut, Aceh sudah mencatatkan prestasi baru di ajang olahraga Nasional meski PON belum berakhir. Hingga hari ini, Aceh sudah mengumpulkan 25 keping medali, diantaranya 10 emas, 6 perak dan 9 perunggu, Selasa (12/10).

Empat medali emas Aceh kemarin, lahir dari cabang olahraga yang berlangsung di klaster Kota Timika, tiga medali emas Tarung Derajat dan satu dari Atletik. Dari Tarung Derajat, emas didapat dari aksi pada nomor seni yang dipertandingkan.

Diantaranya, nomor Seni Gerak Bertahan Menyerang (Putra) yang diikuti atlet M. Iqbal Ismail, Juanda dan Imran. Medali emas lainnya dari nomor Seni Gerak Tarung (Getar) Berpasangan Putra, oleh Juanda dan M. Iqbal Ismail.

Satu emas lagi dipersembahkan nomor Seni Gerak Tarung (Getar) Campuran, dua putra dan dua putri, yakni oleh atlet Juanda, M. Iqbal Ismail, Teta Arum Darandi dan Ella Marlisa

Pelatih Tarung Derajat Aceh, Yanyan Rahmat bersyukur atas prestasi anak asuhnya di PON XX Papua 2021. “Alhamdulillah. Pertama saya bersyukur kepada Allah SWT atas prestasi ini, atlet sudah berjuang berangkat dari Aceh hingga ke Papua, kami sudah memenuhi janji kami untuk berprestasi mempersembahkan tiga emas kepada masyarakat Aceh,” ungkapnya kepada Rakyat Aceh di Timika kemarin.

“Dan yang membuat kami bangga juga hari ini seluruh anak-anak dan pelatih dalam keadaan sehat, tidak ada kendala apapun,” sambungnya. Saat ini Tarung Derajat Aceh menempati ranking tiga Indonesia, Aceh berada di bawah Papua dan Bali sekarang. Dan ini merupakan perjuangan yang sangat berat, kita bersaing dengan seluruh provinsi di Indonesia.

“Dan Insya Allah, pada PON 2024 kita bisa lebih maksimal lagi memberikan yang terbaik untuk Aceh. Torang Bisa, Aceh Teuga, Aceh Emas!,” tutup Yanyan bersemangat.

Selain tiga medali emas, cabang olahraga Tarung Derajat Aceh juga berhasil mendapatkan satu perak dari nomor tarung putra, Kandar Hasan yang takluk dari petarung tuan rumah kemarin.

Emas Masih Bisa Bertambah

Sementara itu, Sekretaris Umum KONI Aceh, M. Nasir Syamaun mengatakan, capaian 10 emas hingga hari ini, sudah melewati target pertama, yaitu melewati perolehan medali saat PON Jabar 2016.

“Dan ini hampir memenuhi target dari KONI Aceh, 12 emas. Di samping terus berjuang untuk memenuhi arahan Ketua Umum KONI, Muzakir Manaf (Mualem) yang meminta pengurus KONI mengejar dan memperjuangkan 14 medali emas di Papua,” ungkapnya.

Lebih lanjut Nasir mengatakan, beberapa peluang lain yang dapat dimanfaatkan untuk kembali menambah emas adalah melalui Kempo di kelas 55 Kg atas nama Maisarah yang akan berlaga di partai final hari ini.

Hal yang sama juga bisa diperjuangkan kembali di partai final sepakbola pada 12 Oktober 2021 besok, ketika Aceh berhadapan dengan Papua di final. Membalas kekalahan di final PON 1993 di Jakarta.

Beberapa cabor lain yang masih bertanding dan berpotensi meraih medali untuk Aceh, diantaranya terjun payung, renang, layar, Rugby putra dan putri, menembak, selam dan biliar. (rif)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

PSBL Akan Bermain di Pekalongan Jawa Tengah

26 March 2024 - 21:30 WIB

PSSI Kembali Hukum Persiraja dengan Tiga Hukuman Sekaligus

18 March 2024 - 15:03 WIB

Profil Pemain Bola Belanda Berdarah Aceh yan Curi Perhatian Shin Tae-yong

17 March 2024 - 02:15 WIB

Iwan Setiawan Latih PSBL Langsa di Liga 3 Nasional

16 March 2024 - 10:58 WIB

PERSIRAJA vs MALUT United: FINAL SESUNGGUHNYA

5 March 2024 - 01:09 WIB

Petinju Aceh di Johor Bahru Malaysia Raih Dua Perak

4 March 2024 - 10:13 WIB

Trending di LASKAR RENCONG