SMAN1 Sigli Juara Sepak Bola Antar Pelajar – Polres Pidie Jaya Juara Laga Eksebisi

Ketua DPR Aceh, Dahlan Jamaluddin, menyerahkan trophy plus uang pembinaan kepada kapten SMAN1 Sigli, usai keluar sebagai pemenang turnamen bola kaki antar pelajar Pidie dan Pidie Jaya. For rakyat aceh

MEUREUDU (RA) – Kesebelasan SMAN 1 Sigli keluar sebagai juara usai membungkam SMAN1 Bandar Baru dua gol tanpa balas dalam laga pamungkas turnamen sepak bola antar pelajar tingkat SMA/MA Pidie dan Pidie Jaya, Selasa (12/10) sore kemarin.

Laga terakhir memperebutkan hadiah total Rp 50 juta tersebut, turut disaksikan Ketua DPR Aceh, Dahlan Jamaluddin. Dia pun menyerahkan hadiah dan piala kepada juara pertama usai pertandingan berakhir.

Dahlan mengatakan, turnamen sepak bola antara pelajar tingkat SMA/MA sederajat yang mulai berlangsung sejak beberapa hari lalu, merupakan momentum yang cukup bagus sebagai pembinaan sekaligus mencari bibit-bibit sepak bola Aceh untuk tampil pada event-event resmi, seperti PON yang saat ini tengah berlangsung di Papua.

Katanya, dari laga partai final antara SMAN1 Bandar Baru kontra SMAN1 Sigli yang disaksinya itu, kedua tim memperlihatkan permainan terbaik mereka masing-masing. Sehingga cukup pantas menurutnya, penjaga gawang SMAN1 Bandar Baru mendapat trophy pemain terbaik pada turnamen itu.

“Ini merupakan momentum yang cukup bagus untuk mencari bibit-bibit atlit sepak bola Aceh, khususnya di Pidie dan Pidie Jaya. Saya cukup bangga melihat talenta adik-adik kita yang memiliki kemampuan permainan sepok bola yang cukup bagus,” ujar Dahlan.

Diterangkan pula, dirinya sebagai anggota sekaligus Ketua DPR Aceh, memiliki komitmen yang tinggi terhadap dunia olah raga di Aceh, khususnya Pidie dan Pidie Jaya. Oleh sebab itu, sebagai salah bentuk komitmennya tersebut, dia mengusulkan turnamen bola kaki antar pelajar itu.

Dalam pada itu, putra asli Ulee Gle ini juga memberikan apresiasi yang cukup tinggi kepada atlit-atlit Aceh yang bertanding dalam event PON di Papua. Para atlit-atlit telah mempersembahkan yang terbaik untuk keharuman nama Aceh dengan telah menyumbang 11 medali emas. Dan prestasi tersebut sudah lebih baik dari PON sebelumnya.

Sementara Kadisporapar Pidie Jaya, Saifuddin, yang juga merupakan sebagai unsur panitia pada kegiatan itu mengatakan, seluruh pertandingan dari awal hingga partai final berjalan lancar sesuai dengan rencana yang disusun di awal.

Sebutnya, pada event tersebut panitia dan pemandu bakat telah mencatat bibit bibit pemain yang memilik bakat potensial untuk dilakukan pembinaan supaya menjadi atlit yang profesional. Dia mengharapkan kepada Ketua DPR Aceh untuk di tahun-tahun mendatang event sepak bola antar pelajar itu dapat dijadikan agenda rutin tiap tahunnya.

“Alhamdulillah turnamen antar Pelajar Se Pidie dan Pidie Jaya berjalan lancar sebagaimana yang telah direncanakan dan Alhamdulillah juga, panitia dan pemandu bakat telah mencatat nama-nama pemain berbakat untuk dilakukan pembinaan,” ujar dia.

Trophy sekaligus hadiah utama juara pertama yang diraih oleh skuad SMAN1 Sigli, dengan nilai uang pembinaan sebesar Rp 18 juta diserahkan oleh Ketua DPR Aceh, Dahlan Jamaluddin. Juara kedua, yaitu SMAN1 Bandar Baru, hadiahnya diserahkan oleh Kapolres Pidie Jaya, AKBP Musbagh Ni’am, SIK, sebesar Rp 11 juta.

Untuk pemain terbaik pada turnamen, trophy dibawa pulang oleh kiper kesebelasan SMAN 1 Bandar Baru. Gol terbanyak dikoleksi oleh Akmal yang merupakan pemain SMA N 1 Sigli, dengan koleksi 4 gol.

Disela-sela turnamen antar pelajar SMA/MA itu juga dilaksanakan partai eksebisi, antara Askab PSSI Pidie Jaya, Persimura Beureuneun dan Bhayangkara Polres Pidie Jaya. Laga eksebisi itu, Bhayangkara Polres Pidie Jaya keluar sebagai juara dengan membawa pulang trophy yang diserahkan Ketua DPR Aceh. (san/ra)