Syech Fadhil Siap Bantu Dayahkan Anak Kepulauan Banyak Singkil

Senator DPD RI asal Aceh HM Fadhil Rahmi Lc MA (Syech Fadhil) saat berkunjungan ke SDN 25 Sawang, Arasilo, Dusun Dama Buleuen, Desa Riseh Tunong, Sawang Aceh Utara, Rabu 18 Agustus 2021. FOTO ISTIMEWA

HARIANRAKYATACEH.COM, SINGKIL – Senator DPD RI asal Aceh, HM Fadhil Rahmi Lc MA, atau akrab disapa Syech Fadhil, siap memberikan beasiswa bagi anak-anak Kepulauan Banyak, kabupaten Singkil, setingkat usia sekolah SMP dan SMA sederajat, yang ingin melanjutkan pendidikan ke pesantren atau dayah.

Hal ini disampaikan Syech Fadhil di sela-sela menghadiri dakwah Ustad Abdul Somad (UAS) di Pulau Balai, Kepulauan Banyak, Kabupaten Singkil.

“Tentu saja dengan syarat dan ketentuan berlaku,” kata Syech Fadhil, Sabtu (16/10/2021).

Komitmen ini disampaikan Syech Fadhil usai bertemu dengan dai perbatasan di Kepulauan Banyak yang bernama Aswad Ritoga.

Menurut dai tadi, banyak anak-anak di Kepulauan Banyak yang putus sekolah karena sejumlah alasan.

Salah satunya seperti keterbatasan keuangan orangtua serta alasan-alasan lainnya.

“Padahal antusias anak-anak di sini untuk masuk dayah sangat tinggi. Namun karena keterbatasan akhirnya terpaksa menjadi nelayan,” ujar Aswad.

Menyangkut hal ini, kata Syech Fadhil, dirinya siap menjadi orangtua asuh bagi anak-anak Kepulauan Banyak yang ingin mengenyam pendidikan di dayah.

“Bantuan ini berasal dari keuangan pribadi. Syarat salah satunya, seperti harus benar-benar dari kemauan sang anak dan orangtua. Jadi bukan paksaan.”

“Jadi siapapun anak dari Kepulauan Banyak yang ingin masuk dayah, dapat menghubungi Usrtad Aswad. Beliau nanti yang berkomunikasi langsung dengan saya terkait hal ini,” ujar senator muda yang juga sahabat akrab UAS ini lagi.

Sebagaimana yang diketahui, Syech Fadhil juga menjadi orangtua asuh dari sejumlah anak-anak Pulo Aceh yang ingin masuk dayah.

Mereka disekolahkan hingga selesainya dengan harapan kembali ke tempat asal untuk membangun daerah mereka itu di masa depan. (ra)