Alhamdulillah, Kasus Covid-19 Kian Turun

Jubir Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani

HARIANRAKYATACEH.COM, BANDA ACEH – Alhamdulillah, kasus Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) kian turun di Aceh. Kasus konfirmasi baru dilaporkan sebanyak 16 orang. Pasien infeksius virus corona yang dinyatakan sembuh bertambah sebanyak 19 orang. Satu kasus meninggal dunia terjadi pada 15 September 2021.

“Kasus meninggal dunia terlambat dilaporkan karena untuk kasus tertentu membutuhkan verifikasi dan validasi lapangan,” tutur Juru Bicara Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani di Banda Aceh, Minggu (17/10/2021).

Kemudian ia merinci 16 kasus
positif baru Covid-19 di Aceh, meliputi warga Pidie sebanyak lima orang, Banda Aceh tiga orang, dan warga Lhokseumawe sebanyak dua orang. Sedangkan warga Aceh Tamiang, Bireuen, Pidie Jaya, Aceh Besar, Aceh Barat, dan warga Aceh Jaya, masing-masing satu orang.

Sementara itu, lanjut juru bicara yang disapa SAG itu, 19 pasien terinfeksi virus corona yang sudah dinyatakan sembuh, meliputi warga Aceh Utara sebanyak 10 orang, warga Aceh Besar dan Banda Aceh sama-sama tiga orang. Kemudian warga Bireuen sebanyak dua orang, dan satu lagi warga Gayo Lues.

“Meski penularan virus corona kian melandai, namun tetap menjaga diri dengan protokol kesehatan karena penularan Covid-19 masih terjadi,” ujar SAG.

Kasus kumulatif

Selanjutnya ia melaporkan kasus kumulatif Covid-19 di Aceh sudah mencapai 38.198 orang, hingga 17 Oktober 2021. Pasien Covid-19 yang sedang dirawat tinggal 433 orang. Para penyintas Covid-19, (yang sudah sembuh) 35.734 orang. Sedangkan kasus meninggal dunia secara kumulatif sudah sebanyak 2.031 orang.

Data kasus kumulatif tersebut sudah termasuk kasus positif baru harian yang bertambah  hari ini sebanyak 16 orang. Pasien yang sembuh bertambah 19 orang, dan data penderita Covid-19 yang dilaporkan meninggal dunia bertambah satu orang, rincinya.

“Satu orang yang meninggal dunia pada 15 Oktober 2021 tersebut warga Kabupaten Bireuen,” jelasnya.

Selanjutnya ia memaparkan data kumulatif kasus probable, yakni sebanyak 892 orang, meliputi 809 orang selesai isolasi, tidak ada lagi yang isolasi di rumah sakit, dan 83 orang meninggal dunia. Kasus probable yakni pasien yang secara klinisnya menunjukkan indikasi kuat sebagai Covid-19 dan dalam proses pemeriksaan swab-nya.

Sedangkan kasus suspek secara kumulatif tercatat sebanyak 9.956 orang. Suspek yang telah usai isolasi sebanyak 9.956 orang. Sementara itu sudah tidak yang isolasi di rumah  maupun di rumah sakit rujukan Covid-19 di Aceh, tutupnya. (ra)