Pagar SMPN 4 Bandardua Gagal Dibangun, Kepsek Kecewa

SMPN 4 Bandardua, Pijay masih pagar darurat. Abdullah Gani/Rakyat Aceh

MEUREUDU (RA) – Rencana pembangunan pagar SMPN 4 Bandardua, Pidie Jaya, yang semula akan dilaksanakan tahun 2021 ini, ternyata belakangan gagal terealisasi. Mendapat kabar tersebut, kepala sekolah (kepsek) mengaku kecewa. Pasalnya, semua administrasi sudah beres dikerjakan, tapi tiba-tiba pejabat Dinas Pendidikan (Disdik) setempat menyatakan kegiatan dimaksud tidak jadi.

“Ini kan aneh dan diduga ada permainan dari atas. Kalau tidak mana mungkin prilaku seperti itu,” kata Muhammad SPd, Kepsek SMPN 4 Bandardua kepada wartawan harian ini di Keude Ulee Gle, Minggu ( 17/10).

Disebutkan, pagar yang rencananya akan dibangun tahun ini sepanjang kurang lebih 200 meter. Belum adanya pagar di salah satu sudut komplek sekolah yang dipimpinnya adalah hal yang sangat fatal.

Dikatakannya, hewan seperti sapi dan kambing sering masuk ke halaman sekolah melalui jalur tersebut. Terlebih lagi usai panen padi atau musim tanam (luah blang, Aceh) menjadikan komplek SMPN 4 yang terletak di Gampong Meurandeh Alue pada hari libur jadi tempat berteduh hewan ternak.

“Padahal, saat dikabarkan tahun ini pagar sekolah usulan tahun 2020 lalu akan dibangun,” kata Muhammad.

Menyusul kabar terakhir yang didapat dari Disdik, pembangunan pagar sepanjang 200 meter itu gagal dilaksanakan, akhirnya dia pun lemas dan merasa malu bahkan sangat kecewa. Padahal, menyangkut dengan biaya administrasi, semuanya sudah dipenuhi alias sudah pada beres.

“Jelang akan dikerjakan, saya sudah dipanggil konsultan meminta nama dan nomor Induk Pegawai (NIP),” timpal Muhammad.

Muhammad mengatakan, menyangkut dengan halaman sekolah. Pihaknya sudah mengusulkan komplek atau setidaknya jalan masuk ke sekolah perlu dipasang paking blok.

“Tapi karena pagar yang sangat mendesak tidak terealisasi alias gagal, konon lagi pemasangan paking blok. Percuma saja, jika ternak sering masuk sekolah,” jelasnya.
Kadis Pendidikan (Disdik) Pidie Jaya, H M Nasir yang dikonfirmasi Rakyat Aceh kemarin petang, membantah keras jika disebut, pagar SMPN 4 Bandardua yang rencananya akan dibangun tahun ini tapi gagal.

Menurut Nasir, untuk tahun 2021 ini semua kegiatan pembangunan pada SMP di wilayahnya memang tidak ada termasuk juga pagar SMPN 4 Bandardua.
“Memang tidak ada dalam DIPA 2021, apanya yang gagal,” timpal Kadisdik sembari mempertanyakan dari mana informasi itu. (mag87/rus) .